Senin, 01 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 01 Mei 2020 | 08:15 WIB

Hitekno.com - Kupu-kupu terkenal sebagai hewan yang memiliki sayap berwarna indah dan memesona. Namun salah satu spesies kupu-kupu ini seakan-akan justru menyimpan keindahan sayapnya sebagai bentuk kamuflase.

Sebuah akun fanspage Twitter bernama @NaturismC membagikan video dengan caption bertuliskan "Kupu-kupu dead leaf harus menjadi salah satu kupu-kupu paling menakjubkan di dunia".

Video berdurasi 10 detik ini berhasil menarik perhatian netizen sehingga postingan tersebut mendapatkan lebih dari 1.200 Retweet dan 5.500 Like.

Banyak netizen yang mengungkapkan rasa kekaguman mereka terhadap kupu-kupu dead leaf.

"Menurutku itu bukan evolusi, tetapi desain alam yang sangat indah," kata @andymp1972.

Kupu-kupu dead leaf yang terlihat seperti daun berwarna cokelat. (Twitter/ NaturismC)

 

"Dia terlalu pintar dalam menyembunyikan dirinya yang asli," tulis @pallavi_ktweets.

Sama seperti namanya, dead leaf atau daun mati, kupu-kupu ini mempunyai sayap yang mirip dengan daun mati ketika sayapnya dalam posisi tidak merekah.

Jika berada di sekitar daun kering, hewan tersebut tampak bukan seperti kupu-kupu melainkan sebuah daun dengan warna muram.

Namun apabila kupu-kupu siap terbang dan membentangkan sayap, bagian "dalam" sayap yang disembunyikan ketika menyamar ternyata mempunyai warna menakjubkan.

Kupu-kupu dead leaf atau daun mati mempunyai nama ilmiah Kallima inachus. Hewan tersebut banyak ditemukan di Asia Tropis dari India hingga Jepang.

Dikutip dari Wikipedia, habitat hewan ini tersebar di banyak negara seperti India, Nepal, Bhutan, Bangladesh, Myanmar, China bagian selatan, Thailand, Laos, Taiwan, Jepang, Vietnam, Pakistan, Malaysia dan Indonesia (banyak ditemukan di hutan hujan Kalimantan).

Kupu-kupu dead leaf mempunyai predator utama berupa burung-burung liar yang ada di hutan hujan tropis.

Ketika merasa terancam, kupu-kupu ini langsung menjatuhkan diri ke dedaunan atau semak-semak dan segera mengaktifkan pose diam dengan sayap tertutup.

Dalam pose seperti itu, kupu-kupu dead leaf sangat mirip dengan daun kering dengan urat gelap sehingga mereka bisa mengelabui predator pemangsa.

Kupu-kupu dead leaf biasanya terbang di hutan lebat dengan curah hujan yang baik dan sering berada di antara semak-semak serta di sepanjang aliran sungai.

BACA SELANJUTNYA

Terekam, Ternyata Begini Cara Anjing Laut Memburu Mangsa di Kedalaman