Kamis, 04 Juni 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 30 April 2020 | 20:15 WIB

Hitekno.com - Beberapa waktu ini, ilmuwan dibuat penasaran dengan Planet Venus yang bersinar lebih terang di langit jika dibanding biasanya. Setelah lama penasaran, akhirnya terjawab alasan planet ini bersinar lebih terang.

Berdasarkan kedudukannya di Tata Surya, Planet Venus berada paling dekat dengan Matahari. Hal ini yang membuat Planet Venus muncul saat bintang malam di barat setelah Matahari terbenam dan bintang pagi di timur setelah Matahari terbenam.

Bersinar paling terang membuat Planet Venus berbeda dari biasanya. Puncak terangnya Planet Venus ini terjadi pada Rabu malam (29/4/2020) lalu. Saat itu, seluruh Planet Venus disinari dengan terang Matahari.

Mengutip Live Science, terangnya Planet Venus bahkan dapat terlihat dari Bumi. Namun, kecerahannya tersebut bukanlah yang terlihat sebenarnya.

Pasalnya, terangnya Planet Venus justru lebih terang saat terlihat langsung dari planet tersebut. Atmosfer Planet Venus yang tidak sempurna, membuat penduduk Bumi sulit merasakan terangnya planet ini.

Planet Venus dan Planet Bumi. (NASA)

 

Walaupun begitu, Planet Venus tetap berada di urutan ketiga setelah Bulan dan Matahari sebagai objek paling terang di langit dan dapat terlihat dari Bumi.

Ilmuwan mencatat, Planet Venus memiliki kecerahan hingga 18 kali lebih terang jika dibandingkan dengan bintang paling terang di malam hari yaitu Sirius.

Penyebab Planet Venus jauh lebih terang jika dibandingkan dengan biasanya adalah karena kini Planet Venus dan Bumi selaras dengan Matahari. Bumi berada tepat di depan Venus yang sejajar juga dengan Matahari.

Penampakan Planet Venus. (NASA).

 

Nantinya pada 3 Juni 2020 mendatang, Planet Venus mulai kehilangan kecerahannya karena terjadi konjungsi rendah yang membuat Bumi dan Venus berada dalam jarak dekat.

Kedekatan keduanya membuat sinar Matahari yang dipantulkan Planet Venus akan terlihat sedikit hal ini yang lalu membuat Planet Venus menjadi redup.

Hal ini terus dipantau oleh para ilmuwan untuk mengetahui bagaimana Planet Venus, Bumi, Matahari dan planet-planet lainnya. Sayangnya, tidak diketahui kapan Planet Venus akan kembali merasakan cahaya terang dari Matahari lagi.

BACA SELANJUTNYA

Hari Ini Matahari di Atas Ka'bah, Berikut Cara Meluruskan Arah Kiblat