Sabtu, 30 Mei 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 30 April 2020 | 13:47 WIB

Hitekno.com - Belum lama ini NASA memamerkan foto Planet Jupiter dari dekat. Belum puas memamerkan foto Planet Jupiter dari dekat, melalui akun Instagram resminya, NASA kembali mengunggah foto awan Planet Jupiter dari dekat.

Membuat takjub, foto-foto Planet Jupiter yang dirilis NASA sebelumnya memperlihatkan wujud planet ini dengan sangat jelas seolah-olah kamu berdiri tepat di samping atau bahkan di depan planet tersebut.

Seperti yang diketahui, saat foto Planet Jupiter dari dekat terungkap, dijelaskan bahwa planet terbesar di Tata Surya ini didominasi oleh awan yang membuatnya mirip cairan bermotif yang indah.

Dalam foto yang diunggah NASA dari dekat, nampak semakin jelas bahwa permukaan Planet Jupiter didominasi oleh awan yang justru membuatnya nampak seperti creamer di secangkir kopi yang disajikan di cafe.

Selain menyebut bahwa awan Planet Jupiter ini mirip creamer di secangkir kopi, NASA juga menyebut bahwa permukaan Planet Jupiter tersebut justru mirip dengan seekor gurita.

Planet Jupiter. (NASA)

 

''Saya memata-matai dengan mata kecil saya, berputar-putra creamer dalam secangkir kopi. Tidak, gurita. Kita tidak bisa memutuskan apa yang anda lihat di awan Jupiter ini,'' tulis NASA.

Foto menakjubkan dari awan-awan Planet Jupiter ini diungkap oleh pesawat ruang angkasa Juno yang memang bertugas sejak 2018 lalu untuk memantau Planet Jupiter.

Berdasarkan caption unggahan NASA, foto Planet Jupiter dari dekat ini diambil pada 10 April 2020 lalu saat pesawat ruang angkasa Juno tengah berada dalam jarak 5.375 mil atau 8.650 kilometer dari puncak awan Planet Jupiter.

Planet Jupiter. (NASA)

 

Jarak pesawat ruang angkasa Juno dengan Planet Jupiter kali ini jauh lebih dekat. Sebelumnya, wahana antariksa ini berada dalam jarak 15.610 mil dari puncak awan Planet Jupiter.

Planet Jupiter memang memiliki ukuran yang besar jika dibandingkan dengan planet lainnya. Namun, Planet Jupiter ini didominasi oleh gas dengan massa seperseribu massa Matahari hal ini yang lalu mempengaruhi bentuk awan di permukaan Planet Jupiter ini.

Membuat siapa saja kagum melihatnya, foto penampakan awan Planet Jupiter dari dekat ini telah mengumpulkan lebih dari 900 ribu likes usai diunggah NASA belum lama ini.