Senin, 01 Juni 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 23 April 2020 | 20:00 WIB

Hitekno.com - Pada 29 April 2020 mendatang, dilaporkan akan ada asteroid terbesar yang melintas tahun ini. Berita terkini asteroid ini pun dinantikan.

NASA melaporkan adanya asteroid besar yang akan terbang melintas dekat Bumi pada tanggal tersebut. Berbahayakan asteroid ini?

Dikatalogkan sebagai (52768) 1998 OR2, asteroid ini diklasifikasikan sebagai Asteroid Berpotensi Berbahaya bagi Bumi.

Asteroid 1998 OR2 ini akan melintas pada jarak yang aman dari Bumi, yaitu sekitar 6 juta kilometer atau 16 kali jarak Bumi-Bulan.

Kabar mengenai asteroid terbesar yang melintas tahun ini termasuk dalam berita terkini yang sedang ramai.

Lebih lengkapnya, berikut empat berita terkini pilihan HiTekno.com untuk hari ini, Kamis (23/4/2020).

1. Tanggal 29 April, Asteroid Terbesar Tahun Ini Akan Melintas Dekat Bumi

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)

 

Dilaporkan ini merupakan asteroid terbesar yang akan terbang melintas dekat Bumi tahun ini. Para astronom di Observatorium Arecibo, Puerto Rico, telah mempelajari asteroid ini sejak 8 April 2020.

Menurut perhitungan, asteroid 1998 OR2 akan bergerak pada kecepatan sekitar 31.320 kilometer per jam. Para astronom juga berhasil mengabadikan gambar asteroid dengan radar resolusi tinggi di langit Aceribo.

Baca selengkapnya...

2. Dikenal Punya Tingkat Polusi Tertinggi, Kualitas Udara India Membaik

Ilustrasi India. (pexel/Kelly Lacy)

 

Di tengah ancaman virus corona, India baru saja menerima kabar baik usai terbit laporan yang menyebutkan bahwa kualitas udara di India membaik selama masa lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pada tahun 2019 lalu, data Global Residence Index menyebutkan bahwa India menjadi salah satu negara di dunia dengan tingkat polusi paling tinggi tepat dibawah Angola.

Turun satu peringkat di 2019 dengan indeks polusi -0,09, sebelumnya tingkat polusi di India diketahui menjadi yang paling parah. Polutan, industri, cuaca, dan geografi menjadi deretan hal yang diduga penyebab polusi terjadi di India.

Baca selengkapnya...

3. Jelang Puasa, Ini Penjelasan Ilmiah Mengenai Hilal

Pemantauan Hilal. (Suara.com/Arief Hermawan P)

 

Hilal begitu identik dengan Ramadan dan sebagai penentu awal puasa. Menjelang puasa, biasanya ramai pembahasan mengenai Hilal, lalu apa sebenarnya Hilal jika dilihat secara ilmiah?

Sebelum melakukan ibadah puasa, biasanya umat Muslim akan melakukan pemantauan Hilal, apakah sudah tampak atau belum. Untuk tugas ini, dilakukan oleh Kemenag sebelum menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadan.

Baca selengkapnya...

4. Manfaat Puasa Secara Sains, Tak Hanya Kesehatan Tubuh

Ilustrasi puasa. (Pixabay)

 

Saat Bulan Ramadan tiba, umat Islam di seluruh dunia melakukan ibadah puasa. Namun tahukan kamu ada manfaat puasa secara sains.

Puasa bukan hanya mendapatkan pahala, namun ternyata bermanfaat pula bagi kesehatan tubuh. Bahkan manfaat puasa bukan cuma untuk kesehatan tubuh.

Baca selengkapnya...

Itulah berita terkini, mulai asteroid terbesar yang melintas tahun ini hingga manfaat puasa secara sains.

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: Silaturahmi Virtual dan Video Call WhatsApp