Senin, 01 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 22 April 2020 | 17:15 WIB

Hitekno.com - Jika lockdown membatasi ruang gerak manusia, hal yang lain terjadi pada para penguin. Memanfaatkan lockdown, kelompok penguin di Afrika nampak berkeliaran di jalan raya dengan bebas.

Jalanan yang sepi rupanya menjadi lokasi sempurna untuk para penguin menghabiskan waktu jalan-jalan di kota yang biasanya dipadati manusia.

Seperti yang diketahui, kini Afrika Selatan tengah menjalankan lockdown guna untuk mencegah penyebaran virus corona yang kini kian mewabah.

Laporan mengenai kelompok penguin yang asik jalan-jalan di kota Simon, di luar Cape Town, Afrika Selatan ini muncul dari sebuah video yang diunggah akun Twitter @SANCCOB pada Jumat (18/4/2020) lalu.

Nampak dari video viral tersebut, tiga penguin terlihat berkeliaran di jalan raya yang sepi dengan manusia. Begitu menikmati momen tersebut, penguin-penguin ini nampak melintas di persimpangan, melompat ke trotoar, dan berlari di jalanan ini.

Ilustrasi penguin di Antartika. (Pixabay/Hans Huijskes)

 

Terlihat begitu menggemaskan, ternyata aksi penguin-penguin ini membuat petugas konservasi pusing dan sibuk. Pasalnya, tugas para petugas adalah untuk mengembalikan para penguin ke habitatnya.

Mengutip Insider.com, petugas konservasi dari The Southern African Foundation fot the Conservation of Coastal Birds atau SANCCOB. Alih-alih memaksa para penguin pulang, para petugas memantau dari jauh agar para penguin tidak masuk ke pemukiman warga.

Ronnis Daniels, anggota SANCCOB menjelaskan bahwa penguin biasanya panik saat berada terlalu dekat dengan manusia. Namun, karena lockdown, jalanan yang sepi tanpa kendaraan dan manusia membuat penguin-penguin ini merasa aman berkeliaran.

Usaha untuk mengembalikan kelompok penguin ke habitat dan koloninya terus dilakukan oleh para petugas konservasi SANCCOB. Lebih lanjut, usaha ini perlu dilakukan dengan perlahan agar para penguin tidak merasa terancam.

Berkunjung ke lokasi tinggal manusia selama lockdown, sepertinya para penguin ini menikmati habitat baru ya. Menggemaskan ya melihat aksi para penguin di jalanan kota ini.

BACA SELANJUTNYA

Berjalan Pakai Kostum Black Death, Remaja Ini Dicari dan Ditegur Polisi