Minggu, 20 September 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 20 April 2020 | 21:15 WIB

Hitekno.com - Tahun 2011 lalu adalah tahun terakhir NASA meluncurkan astronot dari Amerika Serikat ke luar angkasa. Hingga kini, belum ada lagi misi NASA yang dilakukan. Kabar baik baru saja datang, bekerja sama dengan SpaceX, NASA kini bersiap memulai misi Antariksa terbaru.

Menurut rencana, pada 27 Mei 2020 mendatang, kapsul milik SpaceX, Crew Dragon akan mengantarkan dua astronot ke International Space Station (ISS).

Mengutip NY Times, misi ini disampaikan langsung oleh Administrator NASA, Jim Bridenstine melalui akun Twitter pribadi miliknya.

''Pada 27 Mei 2020 nanti, NASA untuk pertama kalinya akan kembali meluncurkan astronot Amerika dengan roket Amerika dari tanah Amerika,'' tulisnya.

Diketahui, misi Antariksa terbaru dari NASA ini merupakan bagian dari uji coba Demo-2 dengan dua astronot. Hal ini adalah kali kedua NASA menjalankan misi besar ini.

Logo NASA. (Shutterstock)

 

Menerut rencana, pada 27 Mei 2020, Demo-2 akan resmi meluncur dari launchpad 29A di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat pada pukul 16.32 waktu setempat.

Dua astronot yang bertugas untuk hal ini adalah Bob Behnken dan Doug Hurley. Keduanya dijadwalkan menumpang kapsul Crew Dragon dengan dorongan roker Falcon 9 milik SpaceX.

Cukup berkesan dan menjadi titik balik, hal ini tidak hanya dirasakan oleh NASA melainkan juga perusahaan Elon Musk, SpaceX. Karena misi ini adalah misi pertama Elon Musk meluncurkan astronot ke antariksa.

Ilustrasi roket SpaceX. (Twitter/SpaceX)

 

Menjelang mulainya misi antariksa ini, NASA memastikan bahwa kedua astronot serta kru yang bertugas dalam keadaan sehat dengan pengamanan ekstra.

Walaupun rencan misi antariksa NASA ini sudah sangat matang, masih belum diketahui kedua astronot akan berapa lama tinggal di ISS. Prediksi menyebutkan bahwa keduanya akan tinggal selama 2 sampai 3 bulan.

Mengenai kerja samanya dengan SpaceX untuk misi antariksa terbaru, NASA mengharapkan agar masyarakat dunia mendukung hal ini dan menantikan kabar baik dari misi tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Malam Ini, Asteroid Raksasa Melintasi Bumi