Rabu, 03 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 15 April 2020 | 08:15 WIB

Hitekno.com - NASA baru-baru ini memamerkan potret penampakan bentuk naga di permukaan Planet Mars. Menjadi buah bibir, benarkah penampakan tersebut mirip naga?

Potret penampakan bentuk naga di permukaan Planet Mars ini diungkap oleh kamera HiRise yang terpasang di Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) yang merupakan milik NASA.

Mengutip CNET, potret penampakan bentuk naga di Planet Mars ini diunggah menjadi bagian HiRise Picture of the Day pada beberapa minggu yang lalu yang kemudian diunggah akun Twitter @HiRISE.

Dikaitkan dengan imajinasi manusia yang kerap kali mengaitkan potret dan bentuk ke dalam wujud baru, kemungkinan wujud ini adalah hasil tersebut.

HiRise sendiri mengakui bahwa foto material blocky berwarna cerah di bagian barat daya Melas Chasma ini menyerupai naga China yang melegenda. Namun, hal tersebut hanya terkait sudut pandang.

Planet Mars. (Wikipedia/NASA)

 

''Kami memutar foto material blocky berwarna cerah di barat daya Melas Chasma ini karena dari sudut pandang ini foto tersebut menyerupai naga China yang legendaris,'' tulis HiRISE.

Secara ilmiah, dapat dijelaskan bahwa endapan berwarna cerah dalam potret ini berkaitan dengan erosi yang terjadi di daratan planet merah tersebut.

Daerah Melas Chasma merupakan bagian dari sistem ngarai Balles Marineri yang berada dalam garis khatulistiwa di Planet Mars. Daerah ini juga dikenal sebagai daerah yang memiliki bukti pergerakan air dan angin.

Penampakan bentuk naga di Planet Mars. (twitter/HiRISE)

 

Penjelasan ilmiah ini lalu mengungkap dengan jelas bahwa bukan wujud naga yang ada di permukaan Planet Mars, melainkan hanya bentuk imajinasi yang membuat daerah tersebut nampak berbentuk seperti naga.

Walaupun baru booming dan mencuri perhatian belakangan ini, potret penampakan bentuk naga di Planet Mars ini sudah diambil sejak 4 Juli 2007 lalu dari ketinggian 258 kilometer.

Naga bukanlah satu-satunya bentuk hewan yang ditangkap oleh kamera HiRISE. Sebelumnya, kamera HiRISE juga pernah menangkap potret bentuk menyerupai serigala dari serial Game of Thrones.

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: SpaceX Sukses Kirim Astronot NASA ke Orbit