Rabu, 03 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 15 April 2020 | 07:30 WIB

Hitekno.com - Foto pillars of creation atau pilar penciptaan merupakan salah satu foto paling ikonik yang diambil oleh Hubble Space Telescope pada 1995 lalu. 25 tahun berlalu, NASA akhirnya merilis foto terbaru dari pilar penciptaan yang membuat terpukau.

Pillars of creation atau pilar penciptaan merupakan area kaya material di antariksa. Area ini membentuk bintang yang terletak tepat di Eagle Nebula yang berjarak 6.000 tahun cahaya dari Bumi.

Mengutip Space.com, pilar penciptaan memiliki bentuk sulur-sulur gas dan debu yang berwarna-warni akibat radiasi bintang-bintang muda di dalamnya.

Dengan wujud baru, akhirnya NASA merilis potret terbaru dari pilar penciptaan. Yang membuat terpukau dan takjub, pilar penciptaan versi terbaru ini memiliki radiasi sinar infra merah yang tidak biasanya dapat dilihat oleh mata manusia.

Dalam potret terbaru, pilar-pilar penciptaan nampak menakjubkan dengan warna samar yang membuat warna bintang baru begitu bersinar di antara debu antariksa.

Ilustrasi galaksi. (pixabay/skeeze)

 

Cukup menakjubkan melihat pilar penciptaan ini melalui foto yang diunggah NASA. Sama seperti sebelumnya, foto ini juga diambil oleh Hubble Space Telescope.

Sedikit informasi mengenai pilar penciptaan atau pillars of creation. Melansir dari Livescience.com, pilar penciptaan memiliki panjang sekitar 5 tahun cahaya dan NASA menyebut fenomena ini sebagai inkubator alami bintang.

Kandungan gas hidrogen yang padat membuat ujung sulur bintang menjadi membesar dengan radiasi kuat yang perlahan-lahan mulai menghancurkan gas yang berada di sekitarnya.

Foto pilar penciptaan tahun 2020. (NASA)

 

Melihat foto terbaru dari pilar penciptaan ini, NASA menyebut bahwa foto ini merupakan yang paling fotogenik yang pernah dimiliki NASA.

Berhasil mengabadikan momen ini merupakan salah satu hal unik dalam evolusi bintang. Pilar penciptaan pada dasarnya menunjukan proses dinamis yang aktif di antariksa.

Sama seperti NASA, apa kamu juga dibuat terpukau melihat foto terbaru pilar penciptaan atau pillars of creation yang diabadikan oleh Hubble Space Telescope ini?

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: SpaceX Sukses Kirim Astronot NASA ke Orbit