Sabtu, 31 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 11 April 2020 | 14:00 WIB

Hitekno.com - Suara dentuman misterius sempat membuat heboh beberapa wilayah Jabodetabek pada Sabtu subuh (11/4/2020). Namun fenomena ini bukan pertama terjadi.

Awalnya banyak yang mengira dentuman ini berasal dari Gunung Anak Krakatau yang mengalami erupsi pada Jumat (10/4/2020).

Namun dibantah oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyebut bahwa suara dentuman misterius ini bukan dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Sebelumnya sudah tercatat ada beberapa fenomena dentuman misterius yang menggegerkan warga. Beberapa di antaranya masih menjadi misteri.

Tercatat kemunculan suara dentuman misterius ini sejak 2011, dan terjadi lagi 2018, bahkan 2019 kemarin. Dan paling baru 11 April 2020 di Jabodetabek.

Lebih lengkapnya, berikut ini empat fenomena dentuman misterius yang pernah terjadi di Indonesia.

1. Februari 2011 di Trenggalek, Jawa Timur

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. (ESDM)

 

Pada awal tahun 2011, masyarakat Trenggalek, Jawa Timur dihebohkan dengan suara gemuruh atau denuman yang tidak diketahui dari mana asalnya.

Di muat dalam situs resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, suara misterius ini telah muncul sejak Januari 2011 dan melemah pada Februari 2011.

Kepala Bidang Gempa Bumi dan Gerakan Tanah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian ESDM I Gede Swantika menyatakan, dentuman disebabkan oleh benturan atau gesekan massa tanah yang cukup besar atau blok batuan akibat curah hujan yang tinggi atau bekerjanya gaya-gaya tektonik.

Baca selengkapnya...

2. Januari 2018, Batam

Logo BMKG. (BMKG)

 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah (Polda) batam guna menyelusuri bunyi dentuman yang terjadi pada pukul 11.30 WIB tadi, Senin (29/1/2018).

"Kami juga sudah tanya pihak Polda. Mereka juga mengatakan belum tahu," kata Kepala Seksi Data Informasi BMKG, Sutarman seperti dimuat Coveasia.com.

"Separti yang terjadi pada beberapa waktu lalu. Alat kami belum bisa mendeteksi. Kita juga dapat beberapa pertanyaan yang sama dari berbagai pihak, termasuk dari pihak penerbangan," sebutnya.

Baca selengkapnya...

3. Desember 2018, Jawa Barat

Ilustrasi petir. (unsplash/Alex Dukhanov)

 

Pada 25 Desember 2018 yakni pada 23.28 WIB, 23.37 WIB dan 23.52 WIB beberapa warga di wilayah Jawa Barat melaporkan mendengar suara gemuruh misterius.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Bandung memberikan penjelasan terkait adanya laporan warga yang mendengar suara dentuman misterius di sejumah daerah Jawa Barat seperti Kabupaten Bandung, Cianjur dan Sukabumi.

Kepala Stasiun Geofisika Bandung Tony Afus Wijaya menjelaskan dari analisa alat Lightning Detector atau alat untuk memantau aktivitas petir milik BMKG yang dioperasikan di Lembang dan dapat memantau seluruh wilayah Jawa Barat bahwa pada jam tersebut telah terjadi petir di barat dan tenggara wilayah Bandung.

Baca selengkapnya...

4. April 2019, Sukabumi

Peta lokasi daerah Ciracap dan Surade Sukabumi. [Sukabumi Update/Istimewa]

 

Warga Kabupaten Sukabumi yang mendiami daerah selatan wilayah tersebut dikagetkan dengan suara dentuman keras. Suara tersebut didengar oleh warga di dua kecamatan, yakni Surade dan Ciracap pada Senin (22/4/2019) pagi.

"Kami semua berhamburan keluar rumah, dan kaget dengan suara dentuman keras tersebut," ungkap Perangkat Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Ecang kepada Sukabumi Update - jaringan Suara.com.

Sementara itu, polsek setempat mengaku belum mendapatkan laporan tentang suara dentuman tersebut. Selain itu tak ada latihan yang dilakukan TNI di daerah selatan Kabupaten Sukabumi.

Baca selengkapnya...

Itulah empat fenomena dentuman misterius yang pernah terjadi di Indonesia. Beberapa sudah bisa dijelaskan ahli, namun masih ada yang menjadi misteri.

BACA SELANJUTNYA

Menurut BMKG, Ini Sumber Suara Dentuman Misterius di Jakarta