Sabtu, 30 Mei 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 11 April 2020 | 09:45 WIB

Hitekno.com - Jabodetabek digegerkan dengan suara dentuman misterius yang dikonfirmasi bukan berasal dari Gunung Anak Krakatau. Throwback sejarahnya, letusan Gunung Krakatau pada 1883 ternyata merupakan salah satu dari 5 suara terkeras yang pernah muncul di Bumi.

Berbicara fungsi, telinga manusia merupakan indera penangkapan yang bertugas menangkap suara apapun. Wajar jika wilayah Jabodetabek dan sekitarnya digegerkan usai mendengar suara dentuman misterius yang terjadi pada Sabtu dini hari (11/4/2020) ini.

Pada dasarnya, batas normal pendengaran manusia berada pada 88 hingga 90 desibel. Percakapan manusia ada pada getaran suara 50 desibel, sedangkan suara kendaraan pada 70 desibel.

Sejarah mencatat, ada 5 suara terkeras yang pernah terdengar di Bumi hingga saat ini. Beberapa di antaranya merupakan fenomena alam, sedangkan salah satu di antaranya berasal dari peluncuran roket. Berikut 5 suara terkeras yang pernah terdengar di Bumi.

1. Paus Biru

Ilustrasi paus biru. (pixabay/Lekies)

 

Suara terkeras pertama datang dari Paus Biru yang mampu mengeluarkan suara sonar dengan getaran sebesar 188 desibel. Suara paling keras ini bahkan dapat terdengar hingga ratusan kilometer di bawah permukaan air.

2. Peluncuran roket

Ilustrasi roket SpaceX. (Twitter/SpaceX)

 

Mengutip ZME Science, roket yang diterbangkan ke luar angkasa dengan berbagai tujuan ternyata dapat menghasilkan getaran suara yang keras hingga 165 desibel sampai 170 desibel yang jauh dari batas normal pendengaran manusia.

Hal ini yang membuat, siapapun yang menyaksikan peluncuran roket perlu mengenakan penutup telinga agar tidak kehilangan kemampuan pendengaran.

3. Bom atom Hiroshima dan Nagasaki

Ilustrasi bom atom. (pixabay/AlexAntropov86)

 

Bom atom yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki menjadi salah satu momen yang menimbulkan suara terkeras yang pernah terdengar di Bumi. Ledakan bom atom ini menghasilkan getaran suara sebesar 210 desibel dalam jarak 250 meter.

Dengan tingkat getaran suara ini, manusia yang berada di lokasi tersebut dipastikan akan kehilangan kemampuan mendengarnya karena kejadian ini.

4. Meteor Tunguska

Ilustrasi meteor. (pixabay/AlexAntropov86)

 

Jatuhnya meteor di Tunguska, Siberia menjadi salah satu kejadian yang menyebabkan ledakan besar berkekuatan 1.000 kali lipat dari bom atom Hiroshima dan Nagasaki.

Ledakan dahsyat layaknya bom seberat 1.000 mega ton ini menghasilkan getaran suara mencapai 300 desibel hingga 315 desibel.

5. Letusan Gunung Krakatau

Gunung Krakatau. (Krakatau-tour)

 

Mengutip Science Alert, suara letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 masih menjadi suara terkeras yang pernah terdengar di Bumi. Getaran suara dari letusan ini mencapai 180 desibel yang terdengar hingga Australia.

Gunung berapi di Indonesia ini meletus dan memuntahkan material vulkanik hingga 25 kilometer yang membuatnya menjadi letusan gunung api paling besar di dunia.

Itu tadi 5 suara terkeras yang pernah terdengar di Bumi. Pada saat terjadi, tidak dapat dipungkiri bahwa suara ini menjadi teror bagi penduduk Bumi.

Melihat sejarah, letusan Gunung Krakatau memang menimbulkan suara terkeras yang pernah terdengar di Bumi. Namun, hingga saat ini, penyebab munculnya dentuman misterius yang terdengar pada Sabtu dini hari (11/4/2020) masih belum diketahui.