Rabu, 03 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 11 April 2020 | 07:45 WIB

Hitekno.com - Sebuah pemandangan menakjubkan antara dua spesies hewan berbeda mampu membuat orang tertarik melihatnya. JK Rowling ikut terkesima setelah melihat pemandangan seekor orangutan yang berinteraksi dengan berang-berang.

Pairi Daiza Zoo di Belgia merupakan alasan mengapa foto menakjubkan tersebut bisa tersebar.

Penjaga di kebun binatang itu memutuskan untuk menempatkan kedua spesies berbeda ke dalam kandang bersama.

Mereka berharap agar kedua spesies hewan tersebut saling menghibur dan berinteraksi satu sama lain.

Misi mereka berhasil karena postingan yang diunggah oleh akun Facebook Pairi Daiza menjadi viral di media sosial setelah dibagikan lebih dari 1.100 kali.

Orangutan terlihat berinteraksi dengan berang-berang. (Pairi Daiza Zoo/ Pascale Jones)

 

Bahkan pemandangan itu juga tersebar di Twitter hingga dilihat oleh penulis novel legendaris Harry Potter, Joanne Katherine Rowling atau JK Rowling.

"Ya Tuhan, dua hewan favoritku, bersama-sama, memiliki waktu bercerita. Dan jika kamu tahu ini adalah editan Photoshop, jangan coba-coba memberi tahuku, karena aku benar-benar tidak ingin tahu," kata JK Rowling.

Menurut laporan dari IFLScience, orangutan adalah primata yang terkenal sangat cerdas.

Mereka berbagi 97 persen DNA mereka dengan manusia, yang menjelaskan mengapa mereka berbagi banyak kebutuhan yang sama dengan manusia dalam hal keterlibatan dan pengayaan.

J. K. Rowling ikut terkesima melihat orangutan yang berinteraksi dengan berang-berang. (Twitter)

 

Kebun binatang Pairi Diaza di Belgia telah menyusun program "pengayaan" yang beragam untuk orangutan mereka.

Mereka menempatkan beberapa berang-berang di sungai yang mengalir melalui kandang orangutan.

"Berang-berang benar-benar menikmati dan keluar dari air di tempat orangutan. Mereka pergi dan bermain dengan teman-teman besar dan berbulu mereka. Itu membuat hidup lebih menyenangkan dan menarik bagi kedua spesies hewan. Hal tersebut membuat misi percobaan kami berjalan sukses," tulis Pairi Daiza Zoo dalam keterangan resmi mereka.

Dikutip dari Live Science, Pairi Daiza Zoo memiliki lima orangutan yaitu pasangan jantan betina Gempa dan Sinta, serta sebuah keluarga Orangutan yang terdiri dari Ujian, Sari, dan Berani.

Kedua ayah dan anak, Ujian dan Berani tampak mengembangkan ikatan istimewa dengan tetangga mereka.

Menurut laporan dari IUCN di tahun 2016, populasi orangutan di Kalimantan dan Sumatra mencapai sekitar 71.820 individu.

Terdapat tiga spesies orangutan yang masuk dalam kategori Critically Endangered atau Terancam Punah yaitu orangutan Borneo (P. pygmaeus) dan Sumatra (P. abelii), serta orangutan Tapanuli (P. tapanuliensis).

Hanya ada kurang dari 800 ekor orangutan Tapanuli yang tersisa pada alam liar di hutan Batang Toru, Sumatera, Indonesia.

Interaksi menarik antara orangutan dan berang-berang ini membuktikan bahwa hewan tersebut cukup cerdas dalam menjalin komunikasi dengan spesies lain.

BACA SELANJUTNYA

Terekam, Ternyata Begini Cara Anjing Laut Memburu Mangsa di Kedalaman