Senin, 01 Juni 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 05 April 2020 | 06:30 WIB

Hitekno.com - Tak banyak yang tahu, spesies laba-laba tertentu mempunyai tarian unik untuk memikat pasangannya. Ilmuwan baru saja menemukan 7 spesies baru laba-laba merak atau sering disebut "peacock spider" dengan warna-warna memesona.

Pada sebuah rilis resmi dari Museums Victoria, mereka menjelaskan bahwa pihaknya bangga karena memiliki staf sekaligus peneliti yang mereka sebut sebagai Spider-Man.

Bagaimana tidak, peneliti muda ini berkontribusi dalam memberikan nama pada selusin spesies baru laba-laba.

Joseph Schubert "Spider-Man", peneliti berusia 22 tahun ini bahkan berhasil menemukan spesies laba-laba dengan pola warna mirip lukisan fenomenal "Starry Night" karya Vincent Van Gogh.

Ia menjelaskan bahwa spesies baru laba-laba merak yang ia temukan dengan nama ilmiah Maratus constellatus memiliki corak warna mirip lukisan Starry Night sehingga cukup memesona untuk dilihat.

Ilustrasi peacock spider atau laba-laba merak. (YouTube/ Museums Victoria)

 

Dari belasan laba-laba yang pernah ia temukan, Schubert menerangkan bahwa 7 spesies laba-laba merak yang ia temukan bersama ilmuwan warga (citizen scientist) merupakan penemuan menarik.

Ketujuh spesies ini diberi nama Maratus azureus, Maratus constellatus, Maratus laurenae, Maratus noggerup, Maratus suae, Maratus volpei, dan Maratus inaquosus.

Kelima spesies yang disebutkan di awal ditemukan di Australia Barat sementara Maratus volpei dan Maratus inaquosus ditemukan di Australia Selatan dan Victoria.

Dari kiri ke kanan, spesies laba laba merak baru dengan nama Maratus constellatus, Maratus inaquosus, Maratus laurenae. (Museums Victoria)

 

Penelitian dan penemuan mengenai 7 spesies baru laba-laba merak telah dipublikasikan di jurnal Zootaxa.

"Saya harus mengatakan bahwa Maratus constellatus adalah favorit saya sejauh ini. Spesies yang terlihat bagus, polanya mengingatkan saya pada Starry Night oleh van Gogh. Ditambah lagi, saya menempuh perjalanan yang sangat, sangat jauh untuk menemukannya!" kata Schubert dikutip dari IFLScience.

Dari kiri ke kanan, spesies laba laba merak baru dengan nama Maratus noggerup, Maratus suae, Maratus volpei. (Museums Victoria)

 

Mereka dijuluki laba-laba merak karena memiliki warna perut cerah dan kaki ketiga yang digunakan untuk "tarian pacaran".

Laba-laba merak jantan akan bertengger di atas permukaan yang lebih tinggi menggunakan kaki ketiga mereka (ujungnya biasanya berwarna putih).

Untuk mendapatkan perhatian lawan jenis, laba-laba merak jantan akan menghasilkan getaran yang menyerupai tarian nyentrik dan aneh.

Jika sang betina tertarik, ia akan memamerkan perut dan melakukan serangkaian gerakan kaki cepat.

Tarian unik dari spesies laba-laba merak biasanya akan berlangsung dalam beberapa menit hingga lebih dari satu jam.

BACA SELANJUTNYA

Spesies Baru Kadal Buaya Ditemukan, Punya Kulit Gelap dengan Mata Lebar!