Sabtu, 30 Mei 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 02 April 2020 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Mewabahnya virus corona membuat banyak ilmuwan berusaha menciptakan berbagai hal untuk menangani hal ini. Terbaru, para ilmuwan menciptakan aplikasi yang mampu deteksi virus corona hanya melalui suara. Canggih?

Terbatasnya alat untuk melakukan tes virus corona membuat ilmuwan berpikir keras untuk menciptakan hal sederhana dan murah namun efektif untuk melakukan tes virus corona.

Yang terbaru, para ilmuwan dari Carnegie Mellon University, Amerika Serikat membuat aplikasi yang dapat mendeteksi virus corona hanya dengan suara.

Mengutip Express.co.uk, aplikasi ini bernama COVID Voice Detector. Cukup menarik, aplikasi ini bahkan sudah diuji coba walaupun pengembangannya masih dalam tahap awal.

Lebih lanjut, menurut Benjamin Striner yang tergabung dalam terciptanya aplikasi ini, aplikasi deteksi virus corona melalui suara ini cukup akurat dan dapat dijual dengan harga yang lebih murah.

Ilustrasi virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

 

Walaupun mengklaim aplikasi ini cukup akurat dan terjangkau, pencipta aplikasi ini masih belum berani mempublikasikan aplikasi ini dan menjadikannya sebagai alat deteksi virus corona.

Pasalnya, uji coba mendalam secara medis perlu dilakukan ke depannya untuk memastikan bahwa aplikasi deteksi virus corona dengan suara ini sangat ampuh.

Lebih lanjut, para ilmuwan ini mengaku optimis jika aplikasi pendeteksi virus corona ini dapat sangat berguna untuk mendeteksi orang yang positif virus corona.

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

 

Penelitian mendalam terus dilakukan dengan cara mengumpulkan berbagai rekaman suara yang bisa digunakan oleh para ilmuwan untuk meningkatkan algoritma terkait penelitian ini.

Jika nantinya aplikasi ini telah resmi ampuh untuk mendeteksi virus corona, tidak dapat dipungkiri bahwa temuan ini dapat digunakan untuk membantu dunia yang tengah dilanda virus corona.

Perlu penelitian mendalam untuk nantinya dapat menggunakan aplikasi yang mampu deteksi virus corona melalui suara ini. Jadi perlu bersabar ya.