Minggu, 05 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 29 Maret 2020 | 16:30 WIB

Hitekno.com - Dunia tengah bergelut melawat pandemi virus corona COVID-19 yang makin mengkhawatirkan. Banyak cara digunakan untuk membasminya, bahkan memakai produk rumah tangga.

Demi mencegah penyebaran virus corona COVID-19, disebutkan kalau kita tidak cukup hanya menjaga kebersihan diri sendiri saja.

Kita juga perlu menjaga kebersihan rumah selama masa isolasi mandiri. Bersih-bersih rumah diharapkan dapat menghilangkan virus corona COVID-19.

Para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa virus corona COVID-19 dapat bertahan hidup di permukaan padat selama 9 hari.

Karena itu, kita perlu menjaga kebersihan rumah untuk membunuh dan menghentikan penyebaran virus corona COVID-19 melalui permukaan.

Ilustrasi orang memegang alat kebersihan rumah (Shutterstocks)

 

Lena Ciric, Associate Professor bidang Teknik Lingkungan di UCL telah memberi tahu barang-barang rumahan yang bisa digunakan untuk melindungi diri dan membasmi virus corona COVID-19.

Berikut ini dilansir oleh The Sun, beberapa produk rumah tangga dan kebersihan yang bisa membantu membasmi virus corona Covid-19.

1. Sabun dan air

Sabun dan air adalah cara perlindungan diri yang paling utama untuk menghindari virus corona Covid-19. Karena itu, para ahli kesehatan menyarankan semua orang untuk teratur mencuci tangan pakai sabun dan air selama 20 detik.

2. Pemutih

Bahan aktif dari produk pemutih baju, seperti natrium hipoklorit sangat efektif membunuh virus. Anda bisa mencampurkannya dengan air untuk membersihkan permukaaan di rumah.

Ilustrasi pemutih pakaian, cairan pembersih, cairan pencuci baju [shutterstock]

 

Karena, produk pemutih ini membantu menghancurkan protein yang dikenal asam ribonukleat (RNA) dari virus. Pastikan cara penggunaannya juga sesuai aturan di luar produk.

3. Alkohol

Alat-alat kesehatan di rumah seperti etanol alkohol. Karena, etanol telah terbukti membunuh virus corona dalam 30 detik. Sama halnya dengan pemutih, alkohol juga bertugas menghancurkan protein dan RNA dari virus.

4. Tisu antiseptik

Tisu antiseptik yang memiliki kandungan bahan aktif benzalkonium klorida, bisa membantu membunuh kuman di permukaan. Anda bisa menggunakan tisu antiseptik ini untuk membersihkan permukaan di rumah.

Itulah beberapa produk rumah tangga yang diklaim bisa membasmi virus corona COVID-19 di rumah. Namun yang tak kalah penting, jaga kesehatan dan tetap jaga diri. (Suara.com/ Shevinna Putti Anggraeni).

Catatan dari Redaksi:
Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 1,5 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Bersama-sama, kita bisa mengatasi pandemi Coronavirus Disease atau COVID-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19.

Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

BACA SELANJUTNYA

Wawancara Jerinx Terkait Konspirasi, Reaksi Aiman Witjaksono Curi Perhatian