Sabtu, 28 November 2020

Drastis, Begini Penampakan Kota New York Sebelum dan Sesudah Wabah COVID-19

Perubahan drastis terjadi di banyak jalan seantero Amerika Serikat sebelum dan sesudah wabah Virus Corona.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Hitekno.com - Wabah virus corona Covid-19 yang meyebar di beberapa negara di dunia membuat jalanan di kota-kota besar negara tersebut yang dulu ramai sesak kini berubah drastis, tak terkecuali kota New York, Amerika Serikat. 

Virus Corona baru atau Novel Coronavirus membuat operasi di bandara berhenti, tempat wisata kosong, dan bahkan New York City Times Square yang disebut "jantung dunia" menjadi sangat sepi.

Sebuah satelit milik perusahaan swasta, Maxar Technologies berhasil mengabadikan perubahan sebelum dan sesudah wabah COVID-19 menyebar di Amerika Serikat.

Dilansir dari IFL Science, gambar yang ditangkap satelit ini dengan jelas mendokumentasikan perubahan signifikan dalam aktivitas manusia selama beberapa minggu terakhir di kota-kota, bandara, tempat wisata, dan area rekreasi.

Bethesda Terrace and Fountain di Central Park, New York, pada 4 November 2019 [Maxar Technologies]
Bethesda Terrace and Fountain di Central Park, New York, pada 4 November 2019 [Maxar Technologies]

Dari resor ski ke New York City, semua lokasi menunjukkan aktivitas manusia yang jelas lebih sedikit dibandingkan gambar yang diambil sebelum wabah dimulai pada November 2019.

Bethesda Terrace and Fountain di Central Park, New York, saat outbreak, Maret 2020  [Maxar Technologies]
Bethesda Terrace and Fountain di Central Park, New York, saat outbreak, Maret 2020 [Maxar Technologies]

Lokasi-lokasi yang berhasil dipotret melalui satelit termasuk Central Park New York yang jauh lebih sepi pengunjung, Killington Ski Resort di Amerika Serikat, rental mobil di Phoenix Sky Harbor International Airport yang menunjukkan lebih banyak mobil terparkir, karena karena lebih sedikit orang yang bepergian dan menggunakan layanan penyewaan mobil, hingga ice rink di New York City.

Untuk diketahui, di luar aturan negara-negara lain yang melakukan kuncitara atau kunci sementara alias lockdown, pemerintah Indonesia dan setempat juga mengimbau agar warga melakukan social distancing di kediaman masing-masing.

Bagaimanapun, social distancing adalah wacana penting untuk mencegah cepatnya laju Novel Coronavirus. Dengan menerapkan Working From Home (WFH), tidak bepergian kecuali sangat penting atau mendesak, serta membatasi lingkup gerak sosial termasuk bertemu dengan banyak orang, semoga kondisi masyarakat Indonesia terutama aspek kesehatan terus menunjukkan grafik aman terkendali dalam kurva eksponensial melawan laju Virus Corona atau COVID-19.

Catatan dari Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini