Jum'at, 10 April 2020

NASA Temukan Lubang Misterius di Mars, Bisa Jadi Rumah untuk Manusia?

Di sekeliling lubang tersebut nampak kawah yang melingkar mengelilingi lubang tersebut.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Lubang misterius di Mars. (NASA)
Lubang misterius di Mars. (NASA)

Hitekno.com - Belum lama ini, NASA dilaporkan baru saja menemukan lubang misterius di Mars yang disebut-sebut dapat menjadi rumah untuk manusia di masa depan.

Menurut penelitian, lubang misterius ini dapat menjadi pintu masuk ke gua bawah tanah yang lebih besar dan dapat menjadi tempat perlindungan untuk siapa saja yang hidup di dalamnya.

Mengutip NY Post, lubang misterius di Mars ini pertama kali ditemukan pada tahun 2011 lalu dan secara kebetulan. Saat pertama kali ditemukan, lubang misterius ini nampak berada di lereng gunung berapi Pavonis Mons Mars.

Potret menakjubkan ini diambil dengan menggunakan Mars Reconnaissance Orbiter yang diketahui terus mengorbit sekitar Planet Mars hingga sekarang ini.

Penelitian mendalam dilakukan di lubang misterius di Mars ini. Hasilnya, lubang ini memiliki kedalaman sekitar 20 meter. Di sekeliling lubang tersebut nampak kawah yang melingkar mengelilingi lubang tersebut.

Ilustrasi planet. (pixabay/Free Photos)
Ilustrasi planet. (pixabay/Free Photos)

 

Bagian dalam lubang ini memiliki bahan yang keras sehingga dapat melindungi siapa saja yang berada di dalamnya.

Karena teksturnya yang keras, tidak menutup kemungkinan jika lubang misterius di Mars ini dapat digunakan di masa depan sebagai rumah untuk manusia.

Sejak ditemukan, lubang misterius ini terus diteliti untuk menemukan berbagai kemungkinan mengenai guna lubang tersebut ke depannya.

Planet Mars. (Wikipedia/NASA)
Planet Mars. (Wikipedia/NASA)

 

Sejauh ini, para ilmuwan belum menemukan tanda kehidupan alien di permukaan Mars. Namun, segala kemungkinan ke depannya bisa saja terjadi, termasuk kemungkinan keberadaan alien.

Seperti yang diketahui sebelumnya, NASA mengklaim bahwa Mars merupakan planet yang tepat sebagai pengganti Bumi di masa depan.

Penemuan lubang misterius di Mars yang bisa menjadi rumah untuk manusia ini terus diteliti keberadaannya demi perkembangan ilmu pengetahuan ke depannya.

Terkait

Terkini