Sabtu, 15 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 08 Maret 2020 | 16:00 WIB

Hitekno.com - Merebaknya wabah virus corona (COVID-19), membuat perusahaan teknologi dan kepolisian China saling bekerja sama. Perusahaan teknologi berbasis AI (Artificial Intelligence) bernama Kuang-Chi sudah memproduksi helm pintar untuk mendeteksi demam.

Pendeteksian demam sangat penting dilakukan di muka umum karena demam merupakan gejala umum pasien yang terinfeksi virus corona.

Kuang-Chi, perusahaan teknologi yang berbasis di Shenzen, China mengeluarkan produk berupa helm pintar yang dinamakan N901.

Menurut klaim dari Kuang-Chi, helm N901 dapat memungkinkan pengguna mengukur suhu hingga lima meter jauhnya.

Helm yang dilengkapi dengan kamera inframerah ini dapat memindai kode QR dan menjalankan fitur "facial recognation".

Helm polisi pendeteksi demam khusus untuk mencari pasien suspect virus corona dikembangkan oleh perusahaan teknologi di China. (Kuang-Chi)

 

Di Chengdu, sebuah kota berpenduduk 16 juta orang di Provinsi Sichuan, dua polisi China mengenakan helm itu untuk memantau orang-orang di jalan pada hari Senin (02/03/2020).

Sebuah video yang dirilis oleh China News menunjukkan para petugas melihat sekeliling untuk memeriksa pembeli yang lewat atau untuk melihat apakah suhu tubuh mereka di atas 37,3 derajat Celcius.

Dikutip dari World of Buzz, apabila seseorang terdeteksi demam, maka helm N901 akan mengeluarkan suara sehingga pengguna bisa mengetahuinya.

Cara kerja helm N901 saat mendeteksi demam. (Kuang-Chi)

 

Ketika fitur "facial recognation" diaktifkan, fitur ini akan menampilkan informasi pribadi para pejalan kaki yang berpapasan dengan polisi melalui layar virtual yang ada di dalamnya.

Helm dengan kemampuan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan tersebut juga dilengkapi dengan Wi-Fi, Bluetooth dan konektivitas 5G.

Bekerja sama dengan Kementerian Sains dan Teknologi China, Kuang Chi mengklaim bahwa helmnya juga ringan berkat metamaterial yang direkayasa secara khusus.

Untuk memindai barisan yang berisi 100 orang, helm N901 hanya perlu waktu 2 menit untuk menemukan orang yang terkena demam.

Polisi di kota-kota besar China kini menggunakan helm N901 untuk mencegah penyebaran virus corona ketika orang-orang sudah mulai bekerja.

(Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.)

BACA SELANJUTNYA

Tak Memesan, Banyak Warga AS Dapat Kiriman Benih Misterius dari China