Jum'at, 03 April 2020

Asteroid Besar Dekati Bumi Akhir April 2020 Ini, Bahayakah?

Asteroid ini termasuk dalam kategori objek yang berpotensi berbahaya karena melintas dekat dengan orbit Bumi.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)

Hitekno.com - Laporan terbaru menyebutkan bahwa akan ada asteroid besar yang mendekati Bumi pada akhir April 2020 mendatang. Apakah cukup bahaya?

Menurut para ilmuwan, asteroid dengan ukuran lebar antara 1,1 dan 2,5 mil ini akan melintasi Bumi pada 29 April 2020 mendatang. Walaupun cukup berbahaya, para ilmuwan yakin bahwa asteroid ini tidak akan menghantam Bumi.

Namun, kemungkinan buruk saat asteroid ini menabrak Bumi adalah dapat menimbulkan efek global yang tentu saja mengancam kehidupan manusia.

Mengutip CNN, asteroid ini diberi nama 52768 atau 1998 OR2. Sesuai namanya, asteroid ini pertama kali terlihat pada 1998 lalu.

Perkiraan para ilmuwan, asteroid ini akan melewati jarak 3.908.791 mil dari Bumi dan bergerak dengan kecepatan 19.461 mil per jam. Momen ini diperkirakan terjadi pada Rabu, 29 April 2020 pada pukul 4.56 ET.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/rolandoemail)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/rolandoemail)

 

Walaupun diyakini tidak akan menabrak Bumi, asteroid ini termasuk dalam kategori objek yang berpotensi berbahaya karena melintas dekat dengan orbit Bumi.

Selama beberapa bulan ini, asteroid tersebut masuk ke dalam salah satu objek terbesar yang pernah melintasi Bumi. Namun, objek ini bukan yang paling besar dari deretan objek tersebut.

Tercatat, asteroid terbesar yang pernah melintasi Bumi adalah 3122 Florence (1981 ET3) yang pada 1 September 2017 muncul. Beruntung, asteroid tersebut tidak menabrak Bumi.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/UKT2)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/UKT2)

 

Kemungkinan, asteroid ini akan kembali melintasi Bumi pada 2 September 2057 mendatang. Tidak diketahui dengan pasti apakah objek ini akan menabrak Bumi atau tidak.

Sempat diklaim tidak akan menabrak Bumi, pemantauan untuk asteroid besar yang akan dekati Bumi pada akhir April 2020 ini tetap dilakukan.

Terkait

Terkini