Kamis, 06 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 05 Maret 2020 | 19:15 WIB

Hitekno.com - Alba, satu-satunya orangutan albino di dunia, berhasil hidup dengan baik di hutan hujan Kalimantan setelah dilepasliarkan pada sekitar 2 tahun yang lalu. Momen ketika Alba hidup dengan baik di dalam hutan berhasil terekam kamera.

Sebagai informasi, Alba diselamatkan oleh Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) pada tahun 2017.

Saat itu, tim BOSF menemukan Alba dalam keadaan kelaparan di kandang di mana ia disimpan sebagai hewan peliharaan oleh penduduk di Desa Tanggirang, Kalimantan Tengah.

Primata bermata biru, berbulu pucat ditemukan dalam kondisi sangat kurus, dehidrasi dan ditutupi oleh parasit.

Sedihnya, para ahli percaya dia telah terpisah dari ibunya sebelum ditangkap.

Penampakan orangutan albino yang hidup di hutan hujan Kalimantan. (Press Release BOSF)

 

Ketika itu, Alba tidak dapat segera kembali ke alam liar karena masalah kesehatan terkait albinisme.

Itu membuatnya rentan terhadap pemburu hewan liar di hutan.

Dalam keterangan di situs resmi BOSF, Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, bekerja sama dengan mitra Yayasan BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation) baru saja melepasliarkan 3 orangutan hasil rehabilitasi pada awal akhir Februari 2020.

Alba ketika berada di atas pohon. (BOSF)

 

Dikutip dari UNILAD, sebelumnya, Alba sudah dilepasliarkan pada tanggal 18 Desember 2018 di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) setelah kondisinya dinilai cukup sehat dan tangguh.

Alba yang diyakini berusia sekitar enam tahun, telah ditandai secara elektronik, dan dipantau secara teratur oleh tim medis.

Pada pantauan terakhir di bulan Februari 2020, salah satu orangutan yang baru saja dilepasliarkan, Unyu, terlihat berinteraksi dengan Alba.

Kedua hewan ini berhasil hidup dengan baik di TNBBBR, sebuah taman nasional di antara perbatasan provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Menurut situs resmi BOSF, Alba rata-rata menghabiskan 56,5 persen jam aktifnya untuk makan di hutan dan 27,2 persennya untuk bepergian.

Sementara orangutan albino ini juga tercatat menghabiskan 13,8 persen waktunya dalam sehari untuk beristirahat dan 2,2 persen waktu lainnya untuk interaksi sosial dengan orangutan lain.

BACA SELANJUTNYA

Diteliti Ilmuwan, "Semut Putih" Ini Punya Karakter Unik