Kamis, 02 April 2020

Dampak Virus Corona, Timbunan Masker Bekas Kotori Pinggiran Laut China

Sebanyak 70 jenis masker bekas ditemukan terdampar di bibir pantai Hongkong dan China.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi masker. (unsplash/purzlbaum)
Ilustrasi masker. (unsplash/purzlbaum)

Hitekno.com - Wabah virus corona yang menyebar di beberapa negara di dunia ini membuat beberapa orang takut untuk keluar rumah tanpa masker dan sanitiser di tangan.

Meskipun masker dan sanitiser merupakan salah satu pencegahan virus corona, namun sebaikanya lebih sadar diri pada Bumi untuk tetap menjaga laut tetap bersih.

Pasalnya belum lama ini sebanyak 70 jenis masker bekas yang ditemukan terdampar di pantai sepanjang 100 meter di Hong Kong seperti yang dikutip dari laman Sin Chew Daily via World of Buzz.

Salah satu Direktur Operasi dari OceanAsia, Gary Stokes mengatakan banyaknya masker yang di laut menjadi penyebab keprihatinan mengingat bahwa banyak orang yang tak peduli membuang masker tersebut usai digunakan dan itu mengganggu kehidupan air.

Tak hanya membuang masker yang saja yang membahayakan, namun yang buruknya lagi ini menjadi salah satu ancaman serius bagi kehidupan yang ada di bawah air.

Ilustrasi masker kesehatan. (Pixabay)
Ilustrasi masker kesehatan. (Pixabay)

 

Gary mengatakan bahwa bisa saja masker yang sudah terinfeksi virus corona mungkin saja terbuang ke laut dan membahayakan spesies yang hidup di laut.

Dalam laporan tersebut, hanya dalam 6 minggu sejumlah besar masker ditemukan tersapu di beberapa pantai di seluruh Hong Kong.

Selain itu, masalah membahayakan kehidupan laut dan polusi, Gary menambahkan bahwa jumlah sampah yang perlu diproses tiap hari meningkat secara drastis.

Adanya pelonjakan tersebut berakibat kapasitas pemrosesan sampah di Hong Kong dan Daratan China makin menumpuk.

Gary juga mengingatkan untuk membiasakan hidup bersih dan tetap melindungi diri dari virus tanpa membahayakan lingkungan dengan membuang sampah di tempatnya dan tak sembarangan.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Terkait

Terkini