Selasa, 31 Maret 2020

Bukan Hanya Mars, Astronom Temukan Planet Baru yang Layak Dihuni

Planet baru yang layak huni ini berjarak hanya 124 tahun cahaya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Ilustrasi planet. (pixabay/CharlVera)
Ilustrasi planet. (pixabay/CharlVera)

Hitekno.com - Mengenai planet yang memungkinkan untuk dihuni, Mars mungkin adalah jawabannya. Namun, penemuan terbaru mengungkap bahwa ada planet baru selain Mars yang bisa dihuni.

Jika Mars berada dalam jarak yang jauh, planet baru yang bisa dihuni ini justru berada dalam jarak yang dekat dengan Bumi. Planet satu ini berjarak hanya 124 tahun cahaya.

Mengutip Science Daily, para astronom menyebutkan bahwa planet baru ini mampu menopang kehidupan manusia. Hal ini karena planet ini memiliki air dan berada di zona kehidupan dalam struktur tata surya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge, dalam tata surya, planet baru yang diberi nama K2-18b ini mengitari bintang katai merah atau K2-18.

Karena diklaim mampu menjadi tempat tinggal manusia, perlu ada penelitian mendalam mengenai planet baru ini. Terlebih untuk melihat apakah ada air di bawah atmosfer ini atau tidak.

Planet Mars. (Wikipedia/NASA)
Planet Mars. (Wikipedia/NASA)

 

Penelitian mengungkap bahwa planet ini memiliki hidrogen yang berada di sekitar lapisan air yang tidak terlalu tebal. Hal ini yang semakin membuat planet ini mampu menyokong kehidupan manusia.

Lebih lanjut, mengenai kadar bahan kimia di planet baru ini, para ilmuwan menemukan kadar yang lebih rendah di atmosfernya hingga membuat planet ini sangat bisa menjadi hunian.

Sedangkan maksimum kadar hidrogen di planet untuk membuatnya bisa menjadi tempat hidup manusia adalah 6 persen. Angka ini harus sama dengan yang ada di Bumi.

Ilustrasi antariksa. (pixabay/Free Photos)
Ilustrasi antariksa. (pixabay/Free Photos)

 

Sayangnya, walaupun oksigen dan kadar hidrogen di planet ini sangat layak menjadi tempat hunian manusia, kadar hidrogen planet baru ini perlu diteliti lagi.

Usai memastikan kadar hidrogen di planet baru ini, perlu untuk memastikan unsur lainnya untuk mengetahui apakah planet ini benar-benar layak dihuni atau tidak.

Penelitian lebih lanjut mengenai planet baru yang layak huni ini memang perlu diteliti lebih lanjut dengan menggunakan James Webb Space Telescope untuk memastikan bagaimana planet ini bisa dihuni atau tidak.

Terkait

Terkini