Minggu, 29 Maret 2020

16 Ribu TB Data Alien Dibuka untuk Umum, Berminat?

Semua data ini berisi pengamatan alien baik dari teleskop optik maupun data radio.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi alien. (Pixabay/ Thomas Budach)
Ilustrasi alien. (Pixabay/ Thomas Budach)

Hitekno.com - Kabar gembira untuk para pemburu alien dan peminat luar angkasa. Pasalnya sejumlah data alien siap dibuka dan bisa diakses untuk umum.

Breakthrough Listen Initiative, sebuah proyek mencari komunikasi di luar angkasa, telah merilis dua petabyte data atau sekitar 16 ribu terabyte data dari pengamatan SETI yang dapat diakses oleh umum.

SETI merupakan singkatan dari Search for Extra-Terrestrial Intelligence, mecakup pengamatan alien dan fenomena alam lain baik yang diketahui dan tidak diketahui.

Ini merupakan rilis data kedua dari Breakthrough Listen Initiative. Juni lalu, organisasi ini merilis satu petabyte data radio dan teleskop optik.

Data baru ini mencakup belahan Bumi utara dan selatan dengan pengamatan yang dilakukan dari teleskop radio Parkes di New South Wales, Australia, dan Green Bank Observatory di Virginia barat.

Ilustrasi UFO. (Pixabay)
Ilustrasi UFO. (Pixabay)

 

Data pengamatan optik berasal dari Automated Planet Finder di dalam Lick Observatory di California.

"Sejak rilis data awal Breakthrough Listen tahun lalu, kami telah menggandakan apa yang tersedia untuk publik. Harapan kami, kumpulan data ini akan mengungkapkan sesuatu yang baru dan menarik, baik itu kehidupan cerdas lainnya di alam semesta atau fenomena astronomi alami yang belum ditemukan," ucap Matt Lebofsky, administrator sistem utama Breakthrough Listen, seperti dikutip dari IFL Science.

Saat ini, antara 20 dan 30 persen data alien telah dianalisis tetapi tim ingin menganalisis semuanya beberapa kali untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan. Inilah sebabnya, mengapa data raksasa tersebut tersedia untuk umum.

Pihak Breakthrough Listen meminta bantuan dari para ilmuwan lain dan pembuat kode, untuk analisis data serta siapapun yang tertarik dalam pencarian kehidupan di luar angkasa.

Mereka bisa melakukan analisis sendiri menggunakan data alien yang disediakan. Berminat dengan data hasil pengamatan alien ini? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini