Jum'at, 10 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 10 Februari 2020 | 17:44 WIB

Hitekno.com - Papan tulis dengan gambar dan tulisan bersejarah berusia 100 tahun tak sengaja ditemukan kru konstruksi. Penemuan ini terjadi saat hendak melakukan renovasi di Emerson North High School, Oklahoma, pada 2015 dan 2016. Papan tulis tersebut diprediksi berasal dari awal 1900-an.

Papan itu berkontribusi pada sejarah sekolah yang didirikan pada 1911. Sherry Kishore selaku kepala sekolah mengatakan bahwa penemuan ini memberi pandangan sekilas, tentang orang-orang yang ada di gedung ini sebelumnya dan bagaimana cara mereka mengajar.

Papan tulis berwarna hitam yang terbuat dari batu ditulis dengan batu tulis warna-warni itu mencakup pelajaran-pelajaran sipil, musik, dan multiplication wheel tua.

Tertulis peraturan-peraturan untuk menjaga kebersihan dan daftar kosa kata dengan kata-kata yang ditulis dalam Ibrani Kursif. Tulisan di papan itu ditulis pada 1917.

Belakangan, kepala sekolah yang baru memutuskan untuk menarik papan tulis lama agar memberi ruang bagi papan tulis modern saat ini. Para kru konstruksi pun dipanggil kembali, namun tak disangka meteka menemukan artefak bersejarah lainnya.

Kali ini,, berupa penjelasan rinci tentang wilayah India Oklahoma yang lebih banyak ditulis dalam Ibrani Kursif dan berbagai bentuk yang menjelaskan perspektif.

"Papan-papan ini memiliki arti penting bagi sekolah yang tidak dapat direalisasikan guru dan siswa pada 1917. Mereka telah melewati ujian waktu dan sekarang mewakili sekolah dengan cara yang tidak dapat dibayangkan oleh orang lain," ucap Jack L. Reed, M.Ed., kepala sekolah saat ini, seperti dikutip dari Bored Panda.

Papan tulis berusia 100 tahun ditemukan. [Oklahoman.com]

Penemuan papan tulis ini pun menuai perhatian banyak orang dan mengatakan penggunaan papan tulis seperti itu membuat mereka bernostalgia.

"Aku ingat ada jenis papan tulis dan kapur berwarna dengan warna cerah seperti itu di sekolah dulu. Menyenangkan melihat hal-hal dari masa kecilku sekarang," tulis Sherry Lawrence.

"Aku menggunakan papan tulis jenis ini pada tahun 80-an dan 90-an," komentar Kathy Messiger.

"Belum pernah melihat ini sebelumnya. Benar-benar menarik," tambah Connie Thisse.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Afrika Diserang Triliunan Belalang, Menurut Ahli Ini Penyebabnya