Jum'at, 21 Februari 2020

Binatang Ini Berdiam Diam 7 Tahun Tak Pindah, Kawin Cuma 12,5 Tahun Sekali

Binatang yang sama sekali buta ini bisa hidup di dalam gua gelap-gulita selama 100 tahun.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Salamander Olm. (Wikimedia Commons)
Salamander Olm. (Wikimedia Commons)

Hitekno.com - Binatang apa yang mampu berdiam selama bertahun-tahun tak berpindah tempat? Jawabannya adalah salamander yang ditemukan di Bosnia-Herzegovina.

Salamander ini layak mendapatkan penghargaan dari museum rekor dunia karena berdiam di satu titik, tidak berpindah sama sekali, dalam waktu 7 tahun.

Olm, demikian binatang bernama ilmiah Proteus anguinus itu disebut, hidup di dalam air dalam sebuah gua di Bosnia-Herzegovina.

Temuan salamander ini dibeberkan para ilmuwan dari Inggis dan Hongaria dalam Journal of Zoology yang terbit baru-baru ini.

Olm yang hidup dalam gua-gua di Bosnia-Herzegovina, memang rata-rata hanya bergerak kurang dari 10 meter selama kurun waktu 10 tahun.

Binatang yang sama sekali buta itu bisa hidup di dalam gua gelap-gulita selama 100 tahun, tanpa takut akan predator, dan bisa tetap hidup tanpa makan selama bertahun-tahun.

Olm, demikian jelas para ilmuwan, memang bisa memperlambat metabolisme tubuhnya sedemikian rupa sehingga mampu bertahan hidup tanpa makan selama 10 tahun.

Ilustrasi salamander. [Shutterstock]
Ilustrasi salamander. [Shutterstock]

 

Binatang itu sendiri biasanya memangsa udang-udang kecil dan siput. Olm juga akan bergerak saat akan kawin. Sayangnya mahluk itu biasanya hanya kawin 12,5 tahun sekali.

Dalam studi itu, para ilmuwan mengamati salamander olm di habitat alami mereka selama lebih dari delapan tahun.

Untuk mengumpulkan data, para ilmuwan menyelam ke dasar sungai, menangkap binatang itu, memberinya tanda, dan kembali melepasnya di titik mereka ditangkap.

Tujuan penelitian itu sendiri, antara lain, untuk mengetahui efek negatif dari aktivitas manusia terhadap ekosistem dan mahluk air yang rentan seperti olm.

Olm termasuk binatang yang terancam keberlangsungan hidupnya karena memiliki tingkat reproduktivitas rendah. Bayangkan saja, binatang salamander ini cuma kawin 12,5 tahun sekali. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Terkait

Terkini