Senin, 28 September 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 07 Februari 2020 | 12:30 WIB

Hitekno.com - Indonesia bakal ikut serta dalam persaingan produksi dan pengembangan drone tempur. Telah disiapkan produksi massal drone tempur Elang Hitam di Tanah Air.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah akan memproduksi drone tempur Elang Hitam secara massal pada 2022, lebih cepat dua tahun dari rencana awal.

Bambang, usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (6/2/2020), mengatakan produksi massal drone tempur Elang Hitam tadinya dijadwalkan pada 2024.

"Rencananya drone yang untuk keperluan kombatan atau militer ini dimulai produksi masal pada 2024. Itu rencana awal. Tapi melihat kebutuhan di dalam negeri dan kesiapan baik desain maupun manufakturnya, Presiden arahkan agar bisa dipercepat jadi 2022," kata Bambang Brodjonegoro.

Menristek Bambang Brodjonegoro membeberkan drone tempur Elang Hitam akan berbeda dengan pesawat nirawak asing.

"Kalau senjata dan teknologinya tergantung luar negeri, istilahnya kita mau ngapain saja lawan sudah tahu," sambungnya.

Pemerintah akan membangun lima prototipe drone tempur sebelum diproduksi secara massal. Anggaran untuk produksi tersebut juga akan ditingkatkan dari Rp 800 miliar menjadi Rp 1,1 triliun.

"Kami sudah ajukan beberapa perubahan termasuk dukungan anggaran agar drone ini bisa produksi masal mulai 2022," tutup Menristek.

Drone tempur Elang Hitam dikembangkan oleh Konsorsium Pesawat Terbang Tanpa Awak yang beranggotakan BPPT, Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Institut Teknologi Bandung , PTDI, PT LEN Persero, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Drone Elang Hitam pertama kali diperkenalkan di Bandung, Jawa Barat pada akhir Desember 2019 kemarin.

Akankah jadwal produksi massal drone tempur Elang Hitam bisa sesuai jadwal pada 2022 mendatang? (Suara.com/ Yosea Arga Pramudita).

BACA SELANJUTNYA

Libur karena Pandemi, Siswa MAN Kediri Buat Drone dari Barang Bekas