Rabu, 26 Februari 2020

Update Virus Corona: 636 Orang Meninggal Dunia, 31 Ribu Positif Terinfeksi

Update virus corona terbaru belum menunjukkan tanda-tanda penurunan jumlah infeksi.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

Hitekno.com - Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau lebih dikenal sebagai virus corona yang menyerang Wuhan, China masih jadi perhatian dunia. Update virus corona terbaru tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan jumlah infeksi.

Data terkini yang dilaporkan Channel News Asia menyebut sudah 31.161 kasus positif virus Corona dilaporkan, dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 636 orang.

Kasus infeksi positif virus Corona Wuhan terbaru ditemukan di Swedia dan Sri Lanka. Di sisi lain, belum ditemukan adanya korban meninggal baru di luar China, selain Hong Kong dan Filipina yang dilaporkan beberapa hari lalu.

Jepang masih menjadi negara dengan kasus terbanyak selain China, mencapai 86 orang. 5 Kasus baru dilaporkan oleh otoritas kesehatan Singapura, menjadikan total kasus mencapai 30 orang.

Thailand, Hong Kong, dan Korea Selatan masih mewaspadai adanya kemungkinan penyebaran lain, setelah sejumlah warganya dilaporkan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit.

Sementara itu di Indonesia, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono menyebutkan di Indonesia sudah ada 47 spesimen yang diperiksa Kemenkes di laboratorium Litbangkes. 43 Dia ntaranya dipastikan negatif, sedangkan 4 lainnya masih tahap pemeriksaan.

Ilustrasi virus corona (coronavirus) Wuhan, China. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona (coronavirus) Wuhan, China. (Shutterstock)

 

"Di tingkat nasional sampai jam 06.00 WIB saya dapatkan laporan Badan Litbang Biomedis, sampaikan bahwa 47 spesimen disampaikan di 28 RS, 43 spesimen dinyatakann negatif, 4 masih dalam tahap pemeriksaan," ujar Anung saat melakukan teleconference dari Natuna di Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Adapun berbagai asal spesimen yang diperiksa sebagai upaya pencegahan, tidak hanya dari WNI yang pulang dari China, tapi juga ada WNA.

Seperti WNA baru pulang dari Malaysia setelah memiliki gejala tapi ada riwayat dari China dan langsung diperiksa sampelnya.

Ada juga kata Anung mereka tidak berhubungan dengan Wuhan, tapi dari Shanghai dan memiliki gejala, juga dilakukan pemeriksaan skrining di Litbangkes.

"Beberapa detailnya nggak hafal satu per satu. Pengumpulan data itu ada Bu Endang ( Kepala Subdirektorat Penyakit Infeksi Emerging Kemenkes, Endang Budi Hastuti) akan (mengumpulkan) hal-hal semacam ini, sementar laboratoriumnya dikerjakan Bu Vivi di Litbangkes," tutupnya.

Itulah update virus corona Wuhan terbaru yang telah menyebabkan 636 orang meninggal dunia dan menginfeksi 31 ribu orang. (Suara.com/ M. Reza Sulaiman).

Terkait

Terkini