Selasa, 25 Februari 2020

Sejarah Baru, Pesawat NASA Terbang Mendekati Matahari

Saat itu, pesawat NASA ini berada dalam jarak 18,6 juta kilometer dari Matahari.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Matahari. (Pixabay/ WikiImages)
Ilustrasi Matahari. (Pixabay/ WikiImages)

Hitekno.com - Dalam laporan terbaru, pesawat NASA baru saja mencetak sejarah baru dengan terbang mendekati Matahari. Sejarah baru dalam dunia antariksa ini ditorehkan oleh Parker Solar Probe.

Parker Solar Probe merupakan wahana antariksa NASA yang diluncurkan pada Agustus 2018 lalu dengan tujuan untuk melakukan penelitian pada Matahari dalam jarak yang paling dekat.

Rekor sebelumnya yang berhasil Parker Solar Probe raih adalah berada sejauh 43 juta kilometer dari Matahari tahun 1976 lalu.

Mengutip Space.com, posisi terdekat pesawat antariksa NASA ini dari Matahari terjadi pada pukul 4.30 waktu AS bagian timur. Saat itu, pesawat NASA ini berada dalam jarak 18,6 juta kilometer dari Matahari.

Menurut ilmuwan yang menyaksikan fenomena ini, hal tersebut dapat terjadi berkat bantuan gravitasi Planet Venus yang membuat orbit Parker Solar Probe menjadi lebih menyusut.

Ilustrasi matahari. (pixabay/qimono)
Ilustrasi matahari. (pixabay/qimono)

 

Rekor baru Parker Solar Probe ini menjadi sejarah baru dalam dunia astronomi. Mengingat butuh waktu yang cukup lama sebelum kemudian pesawat NASA dapat berada dalam jarak dekat dengan Matahari.

Menurut rencana, dalam beberapa waktu ke depan, pesawat NASA ini akan kedatangan teman baru yang dikembangkan oleh European Space Agency dan NASA. Pesawat tersebut adalah Solar Orbiter.

Pada 7 Februari 2020 mendatang, Solar Orbiter akan segera diluncurkan. Tugasnya untuk mempelajari kutub-kutub Matahari di bagian-bagian yang sulit dijangkau oleh Parker Solar Probe.

Logo NASA. (Shutterstock)
Logo NASA. (Shutterstock)

 

Karena memiliki tugas yang sama dengan Parker Solar Probe, kemungkinan Solar Orbiter akan mencetak rekor yang sama untuk berada dalam jarak dekat dengan Matahari.

Pesawat NASA, Parker Solar Probe dijadwalkan melakukan 24 flyby mendekati Matahari hingga tahun 2025 mendatang untuk mendalami bagaimana cara kerja Matahari.

Terkait

Terkini