Minggu, 20 September 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 31 Januari 2020 | 12:53 WIB

Hitekno.com - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir pada Februari-Maret 2020 di sejumlah wilayah.

Kepala BMKG dalam jumpa pers di kantornya Jakarta, Kamis (30/1/2020), mengatakan sejumlah daerah berpotensi mengalami hujan di antaranya Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Selain itu, tambah dia daerah lain juga berpotensi yaitu DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Sementara dalam waktu dekat hujan juga akan terjadi dengan intensitas tinggi pada kurun 31 Januari-5 Februari 2020cdi Sumatera bagian Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kemudian daerah lainnya Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (kerudung). (Suara.com/Tyo)

 

Rita mengemukakan meskipun sejumlah wilayah mengalami hujan tetapi terdapat daerah yang kini mulai mengalami kekeringan.

Hingga 30 Januari di Riau, kata dia kini terpantau 117 titik api/hotspot yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

"Potensi karhutla di wilayah pesisir Timur Sumatera tersebut tidak terkait dan tidak terpengaruh oleh kebakaran hutan di Australia," ujar kepala BMKG.

Itulah penjelasan kepala BMKG yang meminta peningkatan kewaspadaan pada banjir untuk Februari-Maret di sejumlah wilayah. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Gempa Berkekuatan 6,9 SR Guncang Bengkulu Pagi Ini