Jum'at, 29 Mei 2020
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Jum'at, 31 Januari 2020 | 12:10 WIB

Hitekno.com - Kebakaran hutan telah melanda Australia yang menyebabkan banyaknya jatuh korban. Terutama satwa liar seperti koala yang rusak tempat tinggalnya.

Aksi kepedulian ditunjukkan Tentara Angkatan Darat Australia seusai insiden kebakaran hutan hebat yang melanda negara mereka.

Para tentara Australia ini mendedikasikan diri untuk merawat koala yang terancam punah.

Hal itu ditunjukkan lewat unggahan akun Instagram @autralianarmy baru-baru ini. Dalam sebuh foto, tampak para tentara masing-masing menggendong koala di Cleland Wildlife Park.

Sebagian dari mereka terlihat menyuapi koala yang dibalut selimut itu dengan alat suntikan. Sementara yang lainnya, mendekap tubuh koala dengan erat seperti saat menggendong anak.

Para tentara Australia rela mengorbankan waktu istirahat mereka untuk membantu hewan-hewan yang menjadi korban kebakaran hutan.

"Anggota dari Resimen Pendukung Darurat ke-16 Resimen telah menggunakan waktu istirahat mereka untuk memberikan bantuan di Cleland Wildlife Park, mendukung teman-teman berbulu kita selama waktu makan dan dengan membangun gunung (untuk dipanjat Koala) di dalam taman," demikian narasi unggahan @australianarmy, seperti dikutip Suara. com, Jumat (31/1/2020).

Tentara Australia rawat koala korban kebakaran hutan. (Instagram/@australianarmy)

 

Sontak, aksi para tentara Australia itu menuai perhatian khalayak yang berbondong-bondong memberikan sanjungan.

Disadur dari laman ABC News, Sam Mitchell, pemilik Kangaroo Island Wildlife Park mengatakan puluhan ribu koala tewas akibat kebakaran hutan Australia sejak September lalu. Bahkan, lebih dari setengah populasi diketahui punah.

Koala yang bergerak lambat seringkali tidak dapat menghindar dari kobaran api yang bergerak cepat menyambar pepohonan.

Walhasil, warga setempat ragu bahwa satwa liar di negara tersebut bisa pulih seutuh ketika kebakaran terus berlanjut,

Para ahli pun menduga, ada lebih dari satu miliar hewan yang terancam hidupnya akibat kebakaran.

Sebelumnya, Australia juga mempersilakan warga di dunia untuk mengadopsi koala untuk melindunginya dari kepunahan.

Rumah Sakit Koala Port Macquarie membuka layanan adopsi koala. RUmah sakit ini telah menampung banyak koala yang terluka dan sakit akibat kebakaran hutan yang terjadi.

Untuk mengadopsi koala, para pengadopsi bisa langsung mengunjungi laman daring koalahospoital.org.au dan memilih koala yang hendak disukai. Setelah itu, para pengadopsi bisa memilih paket adopsi untuk membantu mereka.

Hanya dengan membayar sebesar 40 dolar Australia atau sekitar Rp 380 ribu maka para pengadopsi bisa membawa pulang koala lucu dan mendapatkan e-sertifikat.

Anda ingin mendapatkan info berita menarik?