Jum'at, 28 Februari 2020

Tak Semua Punah, Masih Ada Dinosaurus Hidup di Sekitar Kita

Para ahli percaya kalau makhluk yang ada di sekitar kita masih turunan Dinosaurus.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Salah satu spesies dinosaurus dari kelompok Maniraptora (Wikipedia/ Emily Willoughby)
Salah satu spesies dinosaurus dari kelompok Maniraptora (Wikipedia/ Emily Willoughby)

Hitekno.com - Banyak yang mempercayai kalau semua dinosaurus telah punah dari Bumi. Namun sebuah penelitian baru mengungkap ada lebih dari 10 ribu spesies di dunia ini berasal dari Dinosurus.

Makhluk-makhluk yang munkin ada di sekitar kita, bisa jadi adalah turunan dari Dinosaurus yang dianggap telah lama punah dari Bumi.

Bahkan, salah satu spesies dinosaurus hidup yang masih ada hingga saat ini berada di sekitar kita. Ya, hewan tersebut sering kita sebut sebagai burung.

"Burung adalah dinosaurus hidup, sama seperti kita adalah mamalia," terang Julia Clarke, ahli paleontologi dan profesor di Departemen Ilmu Geologi di University of Texas, Austin, Amerika Serikat.

Ia menyebut, kesimpulan itu didapat setelah para peneliti melacak karakteristik anatomi tertentu hingga menemukan nenek moyang mereka, dan hal yang sama berlaku untuk burung.

"Mereka berakar kuat di salah satu bagian garis turunan dinosaurus. Semua spesies burung yang kita miliki saat ini adalah keturunan dari satu garis keturunan dinosaurus: dinosaurus theropoda," imbuhnya seperti dikutip dari Live Science, Kamis (23/1/2020).

Hanya saja, burung modern memiliki ekor dan tubuh berbulu, paruh tanpa gigi, serta kaki depan yang lebih panjang dari anggota tubuh belakangnya.

Rekonstruksi 3D dari Ambopteryx longibrachium. ( Academy of Sciences/ Min Wang)
Rekonstruksi 3D dari Ambopteryx longibrachium. ( Academy of Sciences/ Min Wang)

 

Namun satu persamaan burung dengan nenek moyang purbanya, dinosaurus: mereka memiliki lempengan tulang di dekat ekor yang disebut pygostyle.

Takuya Imai, asisten profesor di Dinosaur Research Institute di Fukui Prefectural University, Fukui, Jepang, mengatakan bahwa jenis lain dari theropoda yang punah memiliki satu atau lebih ciri tersebut.

Imai menyuguhkan bukti lain, dengan mengambil contoh struktur burung primitif dari Jepang bernama Fukuipteryx (unggas berumur 120 juta tahun) yang bangkainya masih awet hingga saat ini.

Penelitian terhadap anatomi burung purba itu menunjukkan bahwa pygostyle-nya sangat mirip dengan ayam modern.

Itulah penelitian yang mengungkap kalau beberapa makhluk di sekitar kita masih turunan dari Dinosaurus yang telah dianggap punah. Ternyata memang masih ada Dinosaurus hidup. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Terkait

Terkini