Selasa, 18 Februari 2020

2 Pulau di Sumatera Selatan Tiba-tiba Lenyap, 4 Lainnya Terancam Menyusul

Keduanya antara lain Pulau Betet dan Pulau Gundul. Penyebab kedua pulau ini lenyap seketika adalah karena naiknya permukaan air laut.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Ilustrasi laut. (pexels/Oleksandr Pidvalnyi)
Ilustrasi laut. (pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Hitekno.com - Indonesia menjadi salah satu negara yang merasakan betul mengenai pemanasan global. Laporan terbaru menyebutkan bahwa 2 pulau di Sumatera Selatan tiba-tiba lenyap, sedangkan 4 pulau lainnya juga terancam menyusul.

Berdasarkan laporan tersebut, dua pulau yang mendadak lenyap ini berada di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Keduanya antara lain Pulau Betet dan Pulau Gundul. Penyebab kedua pulau ini lenyap seketika adalah karena naiknya permukaan air laut.

Kabar mengenai dua pulau di Sumatera Selatan yang tenggelam ini diungkap oleh Forum Lingkungan Hidup Indonesia.

Mengutip El Confidencial, dua pulau yang lenyap ini diketahui tidak berpenghuni. Pulau Betet menjadi bagian dari Taman Nasional Berbak-Sembilang. Pulau Gundul saat ini telah tenggelam tiga meter di bawah permukaan laut.

Ilustrasi laut. (pexels/Emiliano Arano)
Ilustrasi. (pexels/Emiliano Arano)

 

Pulau Betet termasuk dalam cagar biosfer dunia di tahun 2018 oleh UNESCO. Area bakau yang luas dengan berbagai macam flora dan fauna termasuk harimau Sumatera dan sapi serta domba.

Menyusul fenomena ini, otoritas lingkungan hidup Indonesia memperingatkan bahwa empat pulau lainnya bisa saja mengalami nasib yang sama dengan dua pulau di Sumatera Selatan tersebut.

Perlu adanya tindakan penjagaan lingkungan yang segera dilakukan untuk menghindari terjadinya kenaikan permukaan air laut yang berujung tenggelamnya empat pulau lainnya di Sumatera Selatan ini.

Ilustrasi laut. (pexels/Jayson Delos Santos)
Ilustrasi. (pexels/Jayson Delos Santos)

 

Setidaknya, ada 23 pulau kecil yang terletak di lepas pantai timur provinsi Banyuasin ini. Dan 23 pulau tersebut terancam akan mengalami hal serupa jika tidak ada penanganan langsung yang dilakukan oleh pemerintah atau manusia secara umum.

Dampak pemanasan global sekarang ini memang menjadi topik panas yang membutuhkan perhatian khusus dari siapa saja. Kenaikan air laut yang cukup parah menjadi ancaman yang wajar untuk negara kepulauan seperti Indonesia.

Terkait

Terkini