Rabu, 08 April 2020

Mengenal Pill Bug, Hewan Berkaki 14 yang Sanggup Kunyah Habis Buaya

Nama ilmiah untuk Pill Bug ini adalah Bathynomus Giganteus.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Pill Bug. (Wikipedia Commons/NOAA)
Pill Bug. (Wikipedia Commons/NOAA)

Hitekno.com - Beberapa bulan yang lalu, para ilmuwan sukses mengungkap sebuah video saat seekor buaya dikunyah habis oleh beberapa hewan berkaki 14. Hewan tersebut rupanya adalah Roly Poly atau Pill Bug.

Nampak dalam video yang diunggah, seekor buaya berukuran sedang habis dikunyah oleh beberapa hewan misterius berkaki 14.

Hewan berkaki 14 ini lalu diselidiki adalah Pill Bug yang termasuk dalam kelompok isopoda pemulung raksasa yang berukuran bola sepak. Hewan ini sekilas memiliki bentuk mirip kecoak.

Secara fisik, hewan Pill Bug ini memiliki 7 pasang ruas kaki dengan total kaki berjumlah 14. Nama ilmiah untuk hewan ini adalah Bathynomus Giganteus.

Pill Bug, hewan berkaki 14 ini dengan lahap menyantap buaya. (BGR)
Pill Bug, hewan berkaki 14 ini dengan lahap menyantap buaya. (BGR)

 

Mengutip National Geographic, catatan fosil Pill Bug menyatakan bahwa hewan ini sudah ada lebih dari 160 juta tahun yang lalu sebelum terpisahnya Benua Super Pangaea.

Untuk garis keturunan, Pill Bug ini masih satu spesies dengan udang dan kepiting dalam genus Bathynomus. Kutu laut raksasa ini biasanya dapat ditemukan di perairan dalam dan dingin di Samudera Atlantik, Samudera Pasifik, dan Samudera Hindia.

Pada umumnya, hewan ini ditemukan di zona sub-litoral yang gelap dengan kedalaman 170 meter hingga batas kegelapan dengan zona batipelagic pada kedalaman 2140 meter degan tekanan tinggi dan suhu yang rendah.

Pill Bug. (Wikipedia Commons/friend of User Borgx)
Pill Bug. (Wikipedia Commons/friend of User Borgx)

 

Pill Bug diketahui dapat selamat dari kelaparan selama 4 tahun tanpa makanan. Hal ini yang menyebabkan saat menemukan mangsa yang besar, hewan ini akan langsung melahapnya dengan cepat.

Pill Bug memilih memakan buaya besar dengan maksud untuk mendapat keuntungan besar darinya. Dengan menyantap hewan sebesar buaya, Pill Bug dapat menyimpan energi untuk berbulan-bulan hingga bertahun-tahun lamanya.

Hewan berkaki 14 cukup menjadi teror untuk laut dalam. Kemampuannya untuk mengunyah mangsa dalam waktu singkat membuat Pill Bug begitu ditakuti keberadaannya.

Terkait

Terkini