Selasa, 28 Januari 2020

Lebih Banyak Makan Jeroan Bisa Bantu Selamatkan Bumi, Kok Bisa?

Bahkan badan kesehatan pun ikut mempromosikan makan jeroan.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi kambing. (Pixabay)
Ilustrasi kambing. (Pixabay)

Hitekno.com - Banyak yang menyebutkan makan jeroan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun baru-baru ini, disebutkan kalau banyak makan jeroan hewan bisa membantu menyelamatkan planet Bumi.

Bagi sebagian orang, jeroan memang jadi makanan yang menggiurkan karena rasanya yang lezat. Namun tak sedikit yang merasa jijik pada organ dalam hewan ini.

Dilansir dari Daily Star, para pakar kesehatan mengklaim bahwa mengonsumsi ginjal, hati dan buntut sapi lebih sehat daripada veganisme dan membantu lingkungan.

Dan badan amal Public Health Collaboration (PHC) telah meluncurkan kampanye Organuary.

Kampanye ini mempromosikan daging organ untuk melawan obesitas dan diabetes dengan slogan: "Minimalkan limbah, maksimalkan nutrisi."

Wali amanat PHC, dr. Joanne McCormack berkata, "Orang-orang dewasa ini percaya menjadi vegan adalah yang terbaik."

"Tetapi Anda harus memiliki banyak suplemen untuk menjadi sehat dengan pola makan vegan. Daging organ, bagaimanapun, sangat murah dan sangat bergizi. Makan hanya sedikit akan mendapatkan banyak gizi," lanjutnya.

Ilustrasi sapi. (Pixabay/arnolgs)
Ilustrasi sapi. (Pixabay/arnolgs)

 

Koki top Giancarlo Caldesi mengklaim jeroan membantu membalikkan diabetes tipe 2-nya. Dia berkata, "Jeroan memiliki banyak kebaikan. Saya bukan anti-vegan, tetapi tubuh kami ingin kami menjadi omnivora."

Jeroan dulunya populer di abad terakhir, tetapi hampir menghilang dari meja makan Inggris. Itu terbuat dari daging yang tidak melekat pada tulang dan juga termasuk babat, lidah dan otak.

Di sisi lain, lebih dari 300.000 orang telah mendaftar ke Veganuary bulan ini. Veganuary sendiri adalah organisasi non-profit yang mendorong gaya hidup vegan.

Juru bicara Veganuary, Toni Vernelli mengatakan, "Kami tidak melihat Organuary bersaing dengan kami. Mereka mungkin akan memiliki pekerjaan yang sulit menjual pesan mereka karena banyak orang yang jengkel tentang jeroan."

Itulah kenapa makan jeroan lebih banyak bisa bantu menyelamatkan planet Bumi ini. Minimalisir limbah, bisa bantu planet lebih sehat. (Suara.com/ Yasinta Rahmawati).

Terkait

Terkini