Selasa, 04 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 13 Januari 2020 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Sebuah pemandangan yang cukup menyeramkan mengenai erupsi gunung berapi teraktif kedua di Filipina tersebar di media sosial. Gunung berapi tersebut menghasilkan suara gemuruh menakutkan disertai petir mirip di film Godzilla.

Taal Volcano atau dikenal sebagai Gunung Api Taal di Filipina mengalami erupsi pada hari Minggu (12/01/2020) sore waktu setempat.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina meningkatkan tingkat siaga untuk Gunung Api Taal menjadi empat dari lima, setelah badan resmi itu menemukan bahwa "letusan berbahaya" semakin dekat.

Lembaga setempat memperingatkan bahwa letusan dapat menyebabkan "tsunami vulkanik" yang bisa mengancam keselamatan warga di sekitarnya.

Gunung Api Taal terletak sekitar 50 kilometer di sebelah selatan Manila, tepatnya di pulau Luzon.

Penampakan Taal Volcano atau Gunung Api Taal saat erupsi. (Twitter/ dailyexhoe)

 

Daerah itu terkenal dengan Danau Taal yang hampir memenuhi kaldera berdiameter 30 kilometer.

Sebuah pulau besar mengagumkan dikenal sebagai Pulau Volcano.

Associated Press melaporkan bahwa puluhan ribu warga telah dievakuasi dari daerah sekitarnya setelah aktivitas gunung berapi langsung meningkat secara pesat.

Rea Torres, warga setempat yang ikut menyaksikan erupsi Gunung Api Taal merasakan beberapa getaran serta kilat yang menakutkan.

Petir di film Godzilla. (YouTube/ giganfan 997)

 

"Ini sangat menakutkan. Ada awan yang tak menyenangkan di atas kita, lengkap dengan guntur dan kilat," kata Rea Torres dikutip dari New York Times.

"Gempa Bumi sangat kuat. Rasanya seperti ada monster yang keluar mirip seperti di film-film," kata Cookie Siscar, salah seorang pengungsi.

Akun Twitter @dailyexhoe juga membagikan video ketika Gunung Api Taal mengalami erupsi dan mengeluarkan petir menakutkan.

Video yang dibagikan viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 11 ribu Retweet dan 23 ribu Like.

Banyak netizen yang mengaitkan pemandangan itu dengan petir di film Godzilla atau film superhero, Wonder Woman.

Secara ilmiah, itu dikenal sebagai "volcanic lightning" atau "petir gunung berapi".

Hal tersebut terjadi akibat pelepasan muatan listrik yang disebabkan oleh letusan gunung berapi, bukan dari badai petir biasa.

Dikutip dari Wikipedia bersumber dari jurnal berjudul "New studies uncover mysterious processes that generate volcanic lightning", petir gunung berapi muncul dari tabrakan partikel-partikel abu vulkanik yang menghasilkan listrik statis di dalam plume vulkanik.

Fenomena letusan Taal Volcano atau Gunung Api Taal di Filipina yang menyeramkan dengan petir mirip film Godzilla tersebar luas di media sosial sehingga jadi perbincangan dari netizen.

BACA SELANJUTNYA

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Sejumlah Wilayah Diguyur Hujan Abu