Jum'at, 28 Februari 2020

Super Masif, Ilmuwan Teliti Galaksi Terbesar di Alam Semesta

Galaksi ini juga dinamai Rubin menyesuaikan dengan nama astronom yang menemukannya yaitu Vera Rubin.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Ilustrasi galaksi di alam semesta. (Pixabay/WikiImages)
Ilustrasi galaksi di alam semesta. (Pixabay/WikiImages)

Hitekno.com - Ilmuwan baru-baru ini sedang sangat fokus melakukan penelitian serius terkait galaksi terbesar di alam semesta yang disebut Galaksi Godzilla.

Galaksi super masif ini resmi mengantongi gelar sebagai galaksi terbesar di alam semesta yang tidak bisa disandingkan dengan Galaksi Bima Sakti tempat manusia tinggal.

Jarak Galaksi Godzilla dari Bumi ada pada 232 juta tahun dan berada di konstelasi Perseus. Ukuran Galaksi Godzilla mencapai 2,5 kali Galaksi Buma Sakti dan akan terus tumbuh.

Untuk penelitiannya ini, para ilmuwan memberi kode nama UGC 2885. Ilmuwan lalu menemukan setidaknya 10 kali lipat bintang lebih banyak dari Galaksi Bima Sakti.

Selain mendapat sebutan sebagai Galaksi Godzilla, galaksi ini juga dinamai Rubin menyesuaikan dengan nama astronom yang menemukannya yaitu Vera Rubin.

Ilustrasi galaksi. (pixabay/skeeze)
Ilustrasi galaksi. (pixabay/skeeze)

 

Menggunakan teleskop Hubble milik NASA, astronom ini pertama kali menemukan galaksi tersebut pada tahun 1980-an. Dikutip dari CNN, saat itu ukuran galaksi ini masih belum semasif sekarang.

Kemungkinan Galaksi Godzilla menjadi super masif karena menelan hidrogen dari antariksa untuk melahirkan bintang. Hal ini tentu sangat berbeda dengan galaksi lainnya yang semakin membesar karena menelan galaksi lainnya.

Hal ini yang kemudian membuat penelitian terkait galaksi terbesar di alam semesta ini menjadi lebih menarik. Pasalnya, banyak sifat galaksi ini yang berbeda dengan galaksi pada umumnya.

Ilustrasi galaksi. (pixabay/theartofsounds2001)
Ilustrasi galaksi. (pixabay/theartofsounds2001)

 

Demi penelitiannya, ilmuwan perlu mengamati dengan jelas mengenai jumlah kluster bintang dengan memanfaatkan teleskop Hubble.

Tidak bisa dipungkiri nantinya di masa depan, para ilmuwan akan menggunakan Jamess Webb Space Telescope yang lebih canggih dengan Wide-Field Infrared Survey Telescope .atau WFIRST untuk menangkap gambaran jelas galaksi terbesar di alam semesta ini.

Terkait

Terkini