Jum'at, 28 Februari 2020

Peringatan BMKG, Hujan Angin Disertai Petir Melanda hingga 2 Januari 2020

BMKG mengatakan ada sirkulasi siklonik di perairan barat Sumatera dan di utara Australia.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi cuaca. (Unsplash/david clarke)
Ilustrasi cuaca. (Unsplash/david clarke)

Hitekno.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi hujan lebat. Peringatan BMKG Menyebutkan kalau hujan lebat dengan petir akan terjadi dari 31 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020.

BMKG lewat keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa(31/12/2019), menyebut adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di perairan barat Sumatera sebesar 925/850mb dan di utara Australia 925/850mb.

Beberapa wilayah yang berpeluang mengalami hujan lebat pada Selasa adalah Sumatera Barat, Lampung, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Sementara untuk Rabu (1/1/2020), daerah yang berpotensi adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Kemudian untuk Kamis (2/1/2019), daerah yang berpeluang hujan berkurang menjadi Lampung, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara serta Maluku.

Sementara itu, beberapa wilayah Indonesia lainnya juga berpeluang diguyur hujan lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir.

Pada Selasa (31/12/2019), wilayah yang berpeluang hujan adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Maluku dan Papua.

Ilustrasi Hujan. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi Hujan. (Pixabay/Pexels)

 

Kemudian Rabu (1/1/2020), wilayah yang berpotensi hujan yaitu Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

Lalu untuk Kamis (2/2/2020), hujan berpotensi terjadi di Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, serta Papua.

BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Itulah peringatan BMKG akan potensi hujan lebat dengan petir di sejumlah wilayah Indonesia hingga 2 Januari 2020. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Terkait

Terkini