Senin, 28 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 30 Desember 2019 | 14:10 WIB

Hitekno.com - Belum lama ini gorila di Kebun Binatang Atlanta terkenal di media sosial karena memiliki jari yang mirip dengan manusia. Gorila bernama Anaka ini menjadi sorotan netizen saat potret gorila tersebut dibagikan di Facebook pada perayaan ulang tahunnya yang ke-6. 

Rupanya, jari tangan Anaka yang mirip manusia itu merupakan hasil dari kelainan pigmen. Itu membuat ujung beberapa jari tangan Anaka terlihat seperti kulit manusia.

Menariknya, semua primata juga memiliki sidik jari yang berbeda dan terkadang digunakan untuk tujuan identifikasi. Tidak seperti kebanyakan hewan yang memiliki cakar, primata memiliki kuku.

Menurut penuturan pihak kebun binatang, tidak hanya kulit Anaka yang unik, tetapi kepribadiannya juga.

"Dia sering menggonggong pada ibunya dan yang lainnya untuk mendapatkan tempat utama untuk makanan dan jus. Dia sering terlihat bermain kuda-kudaan dengan saudaranya," tulis Kebun Binatang Atlanta, seperti dikutip dari Bored Panda.

Kisah Anaka ini juga dibagikan ulang oleh akun Twitter @semestasains pada 28 Desember dan menjadi sorotan warganet Indonesia.

"Anaka, gorila usia 6 tahun berulang tahun di kebun binatang Atlanta. Anaka memiliki kelainan pigmen di ujung jarinya yang menjadikan 2 foto-fotonya viral. Kira-kira apa yang menyebabkan foto jari Anaka menjadi viral? By the way, gorila dan manusia memiliki kesamaan DNA mencapai 98 persen," tulis akun @semestasains sambil mengunggah beberapa foto Anaka.

Anaka, gorila dengan kelainan pigmen. [Twitter]

Unggahan yang dibagikan sebanyak lebih dari 4.200 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar dari warganet.

"Kalau manusia bulunya banyak dikatain mirip gorila. Btw Anaka dikatain mirip manusia nggak sama gorila lain?" tulis akun @gungmp.

"Kena pemutih ya," komentar @Luckbims.

"Cute banget," tambah @mufdhnm.

"Ah gemas. Kukunya ingin aku kutekin," cuit @tiaraaawu.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Gunakan Robot Mata-mata, Ilmuwan Merekam Gorila "Bernyanyi" Ketika Makan