Rabu, 26 Februari 2020

Menakjubkan, BMKG Rilis Gerhana Matahari Cincin Sempurna di Singkawang

Penampakan bulat dan memiliki cincin berwarna keemasan ini terlihat indah dan menakjubkan.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)
Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)

Hitekno.com - Fenomena Gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada Kamis (26/12/2019) terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Menurut BMKG, ada 25 kota dan kabupaten di 7 provinsi di Indonesia yang bisa menikmati Gerhana Matahari Cincin. Tujuh provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Sedangkan sisinya akan menikmati gerhana Matahari sebagian.

Belum lama ini, akun BMKG di Twitter mengunggah penampakan Gerhana Matahari Cincin sempurna yang ada di Singkawang, Kalimantan Barat.

Penampakan bulat dan memiliki cincin berwarna keemasan ini terlihat indah dan menakjubkan.

''Dan inilah penampakan Gerhana Matahari Cincin Sempurna yang berhasil diabadikan Tim BMKG yang melakukan observasi di Singkawang. Sungguh indah dan menakjubkan#BMKG #GerhanaMatahariCincin'' tulis BMKG.

Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)
Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)

 

Tak heran fenomena Gerhana Matahari Cincin juga dijuluki sebagai Rig of Fire atau Cincin Api, pasalnya saat terjadi gerhana sempurna, pendudul Bumi akan melihat fenomena yang mirip dengan cincin api di langit gelap.

Sebelumnya, Gerhana Matahari pertama tahun ini telah terjadi pada 6 Januari 2019 yang merupakan Gerhana Matahari sebagian, lalu Gerhana Matahari kedua terjadi pada 2 Juli lalu yang merupakan Gerhana Matahari Total.

Menurut BMKG, Gerhana Matahari Cincin akan dimulai pada pukul 10.03 WIB di Sabang, Aceh dan berakhir pada pukul 14.37 WIT di Merauke, Papua.

ementara puncak Gerhana Matahari Cincin paling awal terjadi pada pukul 11.49 WIB di Sabang dan puncak Gerhana Matahari Cincin paling akhir terjadi di Jayapura pada pukul 11.51 WIT.

Terkait

Terkini