Jum'at, 21 Februari 2020

BMKG Siarkan Langsung Gerhana Matahari Cincin, Ini Link-nya

BMKG mengadakan live streaming atau siaran langsung melalui akun YouTube resminya.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Gerhana Matahari Cincin. (Shutterstock)
Gerhana Matahari Cincin. (Shutterstock)

Hitekno.com - Tepat pada Kamis, (26/12/2019) Indonesia menjadi salah satu negara yang dapat menikmati fenomena Gerhana Matahari Cincin

Ada 25 kota dan kabupaten di 7 provinsi di Indonesia yang bisa menikmati Gerhana Matahari Cincin. Tujuh provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Sedangkan sisinya akan menikmati gerhana Matahari sebagian.

Tidak semua orang bisa pergi dan mengamati fenomena langit tersebut secara langsung. Karenanya, BMKG mengadakan live streaming atau siaran langsung melalui akun YouTube resmi BMKG di 26 kota yang mencakup Nias, Tapanuli Tengah, Batam, Singkawang, Medan, Banda Aceh, Padang Panjang, Tanjung Pandan, Bengkulu, Anyer, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Karangkates, Denpasar, Waingapu, Kupang, Gowa, Makassar, Palu, Manado, Ternate, Mataram, Ambon, Angkasapura, dan Jayapura.

Logo BMKG. [BMKG]
Logo BMKG. [BMKG]

Gerhana yang dijuluki sebagai Cincin Api ini merupakan Gerhana Matahari ketiga sekaligus terakhir di tahun 2019. Sebelumnya, Gerhana Matahari pertama tahun ini telah terjadi pada 6 Januari 2019 yang merupakan Gerhana Matahari sebagian, lalu Gerhana Matahari kedua terjadi pada 2 Juli lalu yang merupakan Gerhana Matahari Total.

Menurut BMKG, Gerhana Matahari Cincin akan dimulai pada pukul 10.03 WIB di Sabang, Aceh dan berakhir pada pukul 14.37 WIT di Merauke, Papua.

Sementara puncak Gerhana Matahari Cincin paling awal terjadi pada pukul 11.49 WIB di Sabang dan puncak Gerhana Matahari Cincin paling akhir terjadi di Jayapura pada pukul 11.51 WIT.(Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini