Kamis, 27 Februari 2020

Australia Hadapi Cuaca Panas, Warga Gunakan Mobil untuk Panggang Daging

Biro Meteorologi Australia sampai kehabisan warna untuk laporan peta cuaca panas.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi cuaca panas. (pixabay/stux)
Ilustrasi cuaca panas. (pixabay/stux)

Hitekno.com - Benua selatan Indonesia, Australia sedang menghadapi cuaca panas yang ekstrem. Bahkan ini menjadi rekor terpanas di negara kangguru ini.

Rabur (18/12/2019), menjadi hari terpanas Australia yang tercatat dalam sejarah. Saking panasnya, ada warga yang mencoba memasak daging memakai mobil mereka.

Suhu panas ini pula memaksan Biro Meteorologi Australia untuk berpikir keras dalam mengeluarkan peta suhu banas di negara tersebut.

Bahkan, peta suhu panas yang dikeluarkan oleh Biro Meteorologi Australia menunjukkan warna gelap di hampir seluruh wilayah.

Disadur dari Metro, Kamis (19/12/2019), suhu panas di Australia diperkirakan melonjak lebih tinggi karena gelombang panas yang intens.

Suhu rata-rata nasional mencapai 40,9 derajat Celcius pada Selasa (17/12/2019). Sementara beberapa daerah hampir mencapai rekor tertinggi 50 derajat Celcius.

Rata-rata suhu panas Selasa kemarin mengalahkan rekor sebelumnya 40,3 derajat Celcius yang terjadi pada 7 Januari 2013, menurut Biro Meteorologi Australia.

Rekor hari terpanas Australia (twitter @BOM_au)
Rekor hari terpanas Australia (twitter @BOM_au)

 

Meteorolog Diana Eadie mengatakan, "Massa udara panas ini begitu luas, angka-angka awal menunjukkan bahwa kemarin adalah hari terpanas di Australia, mengalahkan rekor sebelumnya di tahun 2013 dan panas ini akan meningkat".

Biro Meteorologi Australia melalui unggahan di Twitter, (19/12/2019), memperlihatkan peta tingkat suhu panas yang terjadi di Australia.

Hampir seluruh wilayah negeri kangguru ini memperlihatkan warga merah gelap yang berarti suhu berada di level tertinggi.

Sementara itu, keadaan darurat telah dinyatakan di New South Wales karena kekhawatiran gelombang panas akan memperburuk krisis kebakaran hutan di negara bagian itu.

Di New South Wales saja, dinas pemadam kebakaran saat ini memerangi sekitar 100 kebakaran hutan.

Ilustrasi cuaca panas. (pixabay/un-perfekte)
Ilustrasi cuaca panas. (pixabay/un-perfekte)

 

Biro cuaca mengatakan suhu di bagian selatan dan tengah Australia dapat mencapai antara delapan dan 16 derajat lebih tinggi dari normal.

Lalu Rabu (18/12/2019) suhu telah melonjak hingga 47,7 derajat Celcius di Birdsville, Queensland, 46,9 derajat Celcius di Mandora, Australia Barat, dengan ketinggian yang sama dicatat di Australia selatan dan tengah.

Menurut laporan Metro, suhu panas yang sangat kuat membuat seorang pria bahkan mengklaim telah berhasil menggunakan mobilnya sebagai oven untuk memanggang daging babi.

Pria ini memasukkan daging di dalam mobilnya dan membiarkannya menjadi matang di sana. 

Itulah cuaca panas yang melanda Australia hingga membuat daging matang di dalam mobil. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Terkait

Terkini