Minggu, 23 Februari 2020

Bintang Hilang Secara Misterius, Ilmuwan Sebut Tanda Adanya Alien

Bahkan para astronom mengembangkan kecerdasan buatan untuk mengamati bintang yang hilang secara misterius.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi galaksi di alam semesta. (Pixabay)
Ilustrasi galaksi di alam semesta. (Pixabay)

Hitekno.com - Jika kamu melihat bintang di langit malam, mereka tampak setia di posisinya. Namun tahukah kamu, ada beberapa bintang yang menghilang secara misterius.

Hilangnya sejumlah bintang di luar angkasa secara misterius bisa menjadi petunjuk adanya alien atau mahluk selain manusia di alam semesta, demikian hasil studi para ilmuwan dari Spanyol baru-baru ini.

Para ilmuwan yang tergabung dalam proyek Vanishing & Appearing Sources during a Century of Observations (Vasco), menemukan setidaknya ratusan bintang yang menghilang secara misterius dalam beberapa dekade terakhir.

Meski belum melihat tanda-tanda adanya alien, tetapi mereka mengatakan lokasi hilangnya bintang-bintang tersebut bisa menjadi tempat potensial untuk mencari kehidupan atau kecerdasan asing di luar Bumi.

"Belum ada proses fisika lain, selain ditelan oleh lubang hitam, yag bisa membuat sebuah bintang lenyap," bunyi studi yang diterbitkan dalam Astronomical Journal oleh Beatriz Villarroel dari Universitas Stockholm, Swedia dan Instituto de Astrofisica de Canarias, Spanyol.

Studi itu bermula dari sebuah foto antariksa yang dijepret ole Observatorium Angkatan Laut Amerika Serikat (USNO) pada 16 Maret 1950. Ketika itu USNO memotret area sekitar rasi Lupus the wolf.

Pada 2016 lalu para astronom meneropong lagi ke area yang sama - menggunakan alat-alat yang jauh lebih canggih dan sensitif - tetapi mereka tak lagi menemukan sebuah bintang yang pada 1950 berhasil direkam oleh teleskop USNO.

NGC 4639, salah satu galaksi luar berbentuk spiral. (NASA)
NGC 4639, salah satu galaksi luar berbentuk spiral. (NASA)

 

Lebih lanjut para astronom dalam proyek Vasco membandingkan data-data lama dengan hasil pengamatan baru dan menemukan ternyata ada ratusan bintang yang dulu terlihat, kini sudah raib.

Dalam studi terbarunya Villarroel dkk mengatakan bahwa pencarian ratusan bintang yang hilang secara misterius itu bisa bermanfaat dalam pencarian alien. Caranya dengan meneropong ke area-area tempat banyak bintang hilang tadi.

Mereka menduga peradaban alien yang sudah jauh lebih cerdas dan maju dari manusia sudah bisa membangun struktur-struktur raksasa (disebut Dyson sphere), dengan mengeruk energi dari sebuah bintang.

Bayangkan saja seperti ini: para alien itu sudah punya teknologi untuk mengubah sebuah bintang menjadi sebuah baterai raksasa! Memang teknologi seperti itu sukar dicerna saat ini, tetapi tetap saja bisa menjelaskan mengapa bintang-bintang tersebut menghilang.

Sistem bintang biner. (Phys.org)
Sistem bintang biner. (Phys.org)

 

Kini para astronom dari proyek Vasco berharap memperoleh bantuan dari ilmuwan lain dan teknologi kecerdasan buatan untuk meneliti foto-foto antariksa tentang bintang-bintang yang hilang tersebut.

"Menemukan bintang yang hilang bisa menjadi terobosan besar dan jelas akan memantik lahirnya ilmu astrofisika baru yang saat ini belum diketahui," tutup Villarroel.

Apakah benar hilangnya sejumlah bintang secara misterius ini ada hubungannya dengan alien di luar sana? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Terkait

Terkini