Jum'at, 27 November 2020

Viral Video Filter Kucing di Snapchat, Ilmuwan Ungkap Fakta di Baliknya

Beragam reaksi kucing pada pemiliknya saat memakai filter Snapchat ini.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Filter Snapchat dan reaksi kucing. (Twitter/ miaaselaa)
Filter Snapchat dan reaksi kucing. (Twitter/ miaaselaa)

Hitekno.com - Sedang viral di media sosial video reaksi kucing pada filter Snapchat. Dalam video tersebut, menampilkan reaksi hewan peliharaan ini pada pemiliknya yang memakai filter kucing di Snapchat.

Nampak berbagai reaksi kucing menyaksikan wajah pemilikny berubah dengan filter Snapchat  tersebut. Bukan reaksi menggemaskan, malah reaksi tegang hingga ketakutan dari si kucing.

Dalam video tersebut, kucing-kucing itu terlihat memutar kepala untuk melihat ke arah pemiliknya, lalu kembali menatap layar.

Hal itu mengungkapkan perilaku kucing yang menyadari bahwa seharusnya wajah pemiliknya yang mereka lihat di layar ponsel.

Meski begitu, sangat sulit untuk mengetahui perilaku kucing karena pengetahuan manusia tentang kognisi kucing sangat terbatas.

"Ini sama sulitnya dengan mengetahui kepribadian umum kucing," ucap Kristyn Vitale yang mempelajari perilaku kucing di Oregon State University, sebagaimana dikutip laman The Verge.

Video itu juga mengungkapkan bahwa para kucing tidak lulus pengujian tes cermin (mirror test).

Filter Snapchat dan reaksi kucing. (Twitter/ miaaselaa)
Filter Snapchat dan reaksi kucing. (Twitter/ miaaselaa)

 

Tes cermin sendiri adalah ukuran utama kesadaran diri bagi para peneliti perilaku hewan. Tes ini dirancang pada 1970 untuk mencari tahu apakah seekor binatang dapat mengenali dirinya sendiri.

Ketika hewan ditempatkan di depan cermin pertama kali, reaksi mereka seringkali bersikap agresif dan mengancam karena mereka berpikir itu adalah binatang lain.

Dengan kata lain, para kucing yang terekam dalam video tidak melihat dirinya sendiri di dalam layar.

Berbeda dengan anjing, mereka merespon dengan baik pantulan pada layar ponsel. Para anjing mengenali benda-benda di layar dengan cara yang sama dalam kehidupan nyata.

"Tidak ada banyak penelitian tentang kognisi kucing, kami tidak tahu bagaimana bagaimana mereka akan memahami pantulan di layar ponsel," tambah Sarah-Elizabeth Byosiere, seorang peneliti perilaku hewan di CUNY Hunter College.

Meski para peneliti belum bisa membuktikan apapun tentang cara kucing berpikir, video yang viral di media sosial ini cukup menghibur.

Diharapkan dengan hal ini akan ada banyak peneliti perilaku hewan lainnya yang akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kucing.

Itulah fakta di balik video filter Snapchat yang viral di media sosial. Mau coba filter kucing ini juga? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini