Senin, 24 Februari 2020

Mengejutkan, Daratan Paling Dalam di Muka Bumi Ditemukan

Daratan paling dalam di muka bumi tersembunyi di bawah es Antartika

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Lubang menganga di Samudera Antartika. (NASA)
Lubang menganga di Samudera Antartika. (NASA)

Hitekno.com - Fakta mengejutkan ditemukan pada sebuah peta baru pegunungan, ngarai, dan lembah yang selama ini tersembunyi di bawah es antartika, yaitu daratan terdalam di muka Bumi. 

Sebagaimana dikutip dari Live Science pada Minggu (15/12/2019), daerah selatan Antartika terlihat datar dalam pencitraan satelit. Namun siapa sangka, di bawah lapisan es yang terakumulasi, terdapat benua kuno dengan tekstur yang beragam.

Ilmuwan yang meneliti temuan ini mengatakan, titik terdalam di lokasi itu berupa ngarai yang dipenuhi es dan menembus 3,5 kilometer di bawah permukaan laut. Letaknya sendiri berada di bawah gletser Denman.

Sebagai pembanding, daratan terdalam di Bumi sebelumnya disematkan untuk pantai Laut Mati yang punya kedalaman 413 meter di bawah permukaan laut.

Dengan temuan ini, lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, merangkum detil area tersebut ke dalam peta bernama BedMachine Antartica. Peta ini diharapkan dapat membantu tim pencari orang hilang di Kutub Selatan.

Lubang menganga di Samudera Antartika. (NASA)
Lubang menganga di Samudera Antartika. (NASA)

 

"Menggunakan BedMachine untuk memperbesar sektor tertentu Antartika, kalian akan menemukan detail penting, misalnya tonjolan dan rongga di bawah es yang mungkin berakselerasi atau melambat," kata Mathieu Morlighem, ilmuwan di University of California.

Ia melanjutkan, peta tersebut akan sangat berguba saat ini, seiring dengan kian cepatnya gletser es mengalir akibat pemanasan global.

"Tanpa keraguan, ini adalah penggambaran paling akurat tentang apa yang ada di bawah lapisan es Antartika," tandas Mathieu yang tercatat sudah mengerjakan proyek ini selama 6 tahun. (Suara.com/Tivan Rahmat)

Terkait

Terkini