Kamis, 13 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 14 Desember 2019 | 19:15 WIB

Hitekno.com - NASA baru saja menemukan catatan baru untuk Mars. Kali ini, NASA menyebut telah menemukan es di permukaan planet merah, Mars. Sebelumnya, pada Mei 2019 lalu, NASA juga pernah mendapati penemuan serupa.

Dikutip dari Science Alert, penemuan ini diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters. Dalam jurnal tersebut terlihat peta es yang berada di bagian bawah permukaan planet merah.

Penemuan ini didapati selaras dengan usaha NASA yang berusaha untuk menemukan logistik dari planet yang disebut-sebut mumpuni untuk kehidupan manusia ini.

Kondisi Mars yang semakin lama semakin berubah dan tidak terlalu berpotensi untuk kehidupan manusia ini terjadi akibat hilangnya sebagian besar atmosfer yang menguap.

Menemukan air di Mars adalah hal mustahil. pasalnya saat air berada di permukaan Mars, air tersebut akan langsung menguap dengan cepat.

Logo NASA. (Shutterstock)

 

Yang terbaru, penelitian yang dilakukan Mars Reconnaissance Orbiter NASA dan Mars Odyssey Orbiter baru-baru ini berhasil mendeteksi adanya es di bawah permukaan Mars.

Penemuan lebih lanjut mengenai hal ini adalah menarik. Pasalnya jika terus menggali, ilmuwan bisa saja nantinya menemukan lokasi tepat untuk mendarat untuk misi membawa manusia yang sedang digadang-gadang.

Ditemukannya es di Mars ini tepat berada di bagian bawah permukaan yang sejajar dengan kutub maupun garis lintang pertengahan planet tersebut.

Penampakan Kawah Korolev di Mars. (Exo Mars)

 

Penelitian mengenai hal ini perlu dilakukan secara serius, mengingat Mars memiliki beberapa daerah yang tidak bisa sembarangan menjadi lokasi pendaratan.

Perlu pertimbangan terkait suhu hingga paparan sinar matahari untuk dapat mengetahui dengan pasti mengenai lokasi pendaratan yang tepat di Mars.

Ilmuwan percaya jika penelitian mengenai es di permukaan Mars ini bergantung pada musim dan waktu yang berbeda di Mars. Karena itu, perlu pemikiran matang sebelum memulai atau bahkan melakukan penelitian ini ke depannya.

BACA SELANJUTNYA

Foto Satelit Ini Ungkap Dampak Kerusakan Akibat Ledakan di Lebanon