Minggu, 29 Maret 2020

Ditemukan Mumi Binatang Besar di Mesir, Diduga Singa

Mumi binatang memang banyak di Mesir, namun yang satu ini unik.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Piramida Agung Giza di Mesir. (Wikipedia/ Nina-No)
Piramida Agung Giza di Mesir. (Wikipedia/ Nina-No)

Hitekno.com - Kehidupan Mesir Kuno masih banyak yang menjadi misteri. Seperti penemuan mumi binatang besar yang sempat membuat bungung para arkeolog.

Arkeolog Mesir menemukan sebuah mumi unik yang berbentuk bangkai binatang besar. Diduga temuan ini adalah sebuah mumi singa.

Mumi binatang sebenarnya tidak aneh di Mesir. Arkeolog sudah biasa menemukan mumi kucing, burung, tikus, atau anjing di situs-situs purbakala Mesir.

Tetapi penemuan yang diumumkan pada Senin (11/11/2019) itu sungguh unik. Karena jarang arkeolog di Mesir menemukan binatang besar yang dimumikan.

Mumi singa pertama di Mesir ditemukan pada 2004 silam. Penemuan itu menunjukkan bahwa singa termasuk dalam binatang sakral pada masa Mesir kuno.

Ilustrasi Mesir. (pixabay/Nadine Doerle)
Ilustrasi Mesir. (pixabay/Nadine Doerle)

 

Adapun mumi binatang rakasasa yang diduga singa itu ditemukan di Saqqara, sebuah kota di selatan Kairo yang dikenal dengan kuburan purba dan piramida berundak.

Pemerintah Mesir mengatakan pihaknya akan kembali mengumumkan penemuan mumi binatang besar di situs tersebut setelah melakukan pemindaian menggunakan radar.

Mesir sendiri kini sedang giat mempromosikan keunggulan peninggalan arkeologinya untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.

Perekonomian Mesir memang sedang terpuruk setelah terjadinya revolusi politik yang berujung pada tumbangnya diktator Hosni Mubarak pada 2011. [Suara.com/ Liberty Jemadu].

Terkait

Terkini