Kamis, 13 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 13 Desember 2019 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Hanya sebuah pisang saja ternyata dapat memicu banjir pemikiran dan hype media di sekitarnya. Seorang seniman Italia bernama Maurizio Cattelan memajang sebuah karya seni berupa pisang yang dibanderol dengan harga 120 ribu dolar AS atau Rp 1,68 miliar.

Semakin membuat heboh, karya dari Cattelan yang eksentrik ini jutru "dimakan" oleh seniman lain tanpa rasa bersalah.

Pisang super mahal yang direkatkan menggunakan lakban khusus ke dinding ini merupakan karya seni bernama "Comedian".

Billy dan Beatrice Cox, sepasang kolektor seni dari Miami, Florida, Amerika Serikat merupakan salah satu pengunjung yang membeli karya seni eksentrik tersebut.

Saat membelinya, mereka menyebut bahwa karya itu sebagai "Unicorn Dunia Seni" dan membandingkannya dengan karya ikonik Cans Soup 1962 milik Andy Warhol.

Karya seni Comedian justru disindir oleh orang ini. (Instagram/ SebastianStudio)

 

Namun karya seni lainnya yang masih terpampang di Galerie Perrotin, Miami, Florida, Amerika Serikat justru "hilang" karena dimakan oleh seseorang.

Pada hari Sabtu (07/12/2019), seorang seniman pertunjukan, David Datuna justru mengambil pisang dari dinding dan kemudian memakannya.

Datuna bahkan memposting dirinya saat memakan karya itu dengan menamakannya dengan pertunjukan "Hungry Artist".

Menurut laporan dari Reuters, aksi dari Datuna tidak masuk dalam kategori vandalisme dan dia tidak menyesali camilan mahalnya.

"Pertama-tama, saya sangat menghormati karya seni miliknya (Cattelan). Bagi saya dia adalah salah satu seniman top di dunia. Dan saya pikir ini yang pertama dalam sejarah seni ketika seorang seniman memakan konsep seniman lain. Orang-orang bertanya kepada saya, Anda makan pisang? Secara fisik memang pisang, tetapi pisang hanyalah alat. Jadi saya hanya memakan konsep seni," kata David Datuna.

Ia juga menjelaskan bahwa aksinya bukan vandalisme karena itu adalah bagian pertunjukkan dari seninya.

Karya seni dari Cattelan memancing kontroversi hingga keriuhan dari pengunjung yang antri selfie dengan pisang tersebut.

Dikutip dari Deezen, beberapa seniman dan desainer yang tidak setuju menilai karya tersebut berbahan terlalu murah namun dibanderol dengan harga tinggi.

Karya Comedian berupa pisang yang dibanderol miliaran rupiah menjadi bahan perdebatan. (Instagram/ accuninghamcameron)

 

Kini, Galeri Perrotin telah menurunkan karya seni itu setelah sejumlah insiden yang "tak terkendali".

"Tidak yakin dunia seni akan sepenuhnya pulih..," kata desainer bernama Sebastian Errazuriz yang memancing perdebatan mengenai pisang super mahal tersebut.

Banyak netizen yang ikut terinspirasi dengan karya di atas dan mulai memajang buah-buahan dengan plester agar dibanderol mahal.

Bagi yang berminat membeli karya seni pisang "Comedian" seharga Rp 1,68 miliar, maka kolektor seni akan menerima pergantian pisang setiap hari agar tetap terlihat "matang" dan berhak atas sertifikat khusus dari sang seniman.

BACA SELANJUTNYA

Dikira Sungguhan, Penampakan Buaya Ini Bikin Netizen Auto Panik