Minggu, 05 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 10 Desember 2019 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Diunggah akun @makassar_iinfo pada Minggu (8/12/2019), terungkap bahwa baru-baru ini sekelompok nelayan di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan berhasil menemukan seekor ikan oarfish yang disebut-sebut merupakan pertanda gempa dan tsunami.

Bukan sekali dua kali, ikan oarfish dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang sering dikaitkan sebagai pertanda musibah gempa dan tsunami yang tentunya mengancam kehidupan manusia.

Berdasarkan keterangan unggahan tersebut, nelayan-nelayan ini menemukan ikan oarfish yang berbentuk pipih ini dengan ukuran panjang lebih dari 3 meter. Secara fisik, ikan ini berwarna bintik hitam dan merah di bagian sirip.

Ikan oarfish ini diketahui merupakan hasil tangkapan dari tiga nelayan yang sedang mencari ikan. Bukan bahagia, kemunculan ikan ini justru membuat banyak orang khawatir dan resah. Pasalnya, ikan ini sering kali dikaitkan dengan gempa dan tsunami.

Nelayan Sulawesi tangkap ikan oarfish. (instagram/makassar_iinfo)

 

Entah hanya sekedar rumor atau mitos, dikaitkannya ikan oarfish dan gempa serta tsunami ini memang sudah tersebar dan dipercaya oleh sekelompok masyarakat. Pada bencana gempa dan tsunami di Jepang dan Palu, kemunculan ikan oarfish sebelum kejadian tersebut sempat menghebohkan.

Berbicara mengenai asal mitos ini adalah dari Shokoku Rijin Dana, kumpulan kisah misteri yang terbit pada abad ke-18 di Jepang. 

Secara ilmu pengetahuan, ilmuwan Jepang menyebut bahwa oarfish selalu keluar dari habitatnya ke perairan yang lebih dangkal saat merasa ada perubahan elektromagnetik yang dipicu oleh aktivitas tektonik.

Nelayan Sulawesi tangkap ikan oarfish. (instagram/makassar_iinfo)

 

Yang jarang diketahui, oarfish ternyata terdiri dari tiga jenis yaitu Regaleus Glesne Ascanius, Agrostichthys Parkeri, dan Regalecus Russelli. Ikan jenis ini termasuk tidak berbahaya dan dapat dikonsumsi oleh manusia. Berdasarkan jenisnya, ikan oarfish ini hidup hampir di semua lautan, dari New Zealand hingga Indo-Pasifik.

Pada dasarnya, secara ilmu pengetahuan mengamini bahwa ikan oarfish ini bisa saja benar memiliki kaitan dengan gempa dan tsunami, mengingat ikan ini hidup di laut paling dalam, merasakan aktivitas tektonik di bawah laut, ikan oarfish lalu sering muncul ke permukaan.

BACA SELANJUTNYA

BMKG: Selama Juni 2020, Indonesia Diguncang Gempa 667 Kali