Rabu, 28 Oktober 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 26 Oktober 2019 | 08:00 WIB

Hitekno.com - NASA diketahui sedang dalam penelitian luar angkasa mengenai gugusan asteroid. Karena penelitian ini, NASA baru saja menemukan gugusan asteroid misterius yang berada dekat planet Jupiter.

Penemuan ini akan diteliti oleh pesawat luar angkasa canggih milik NASA yaitu Lucy. Pesawat ini digunakan untuk meneliti gugusan asteroid misterius bernama Trojan Asteroids yang berada tepat mengapit planet ini.

Secara lokasi, Trojan Asteroids berada dalam jalur orbit dari planet Jupiter. Asteroid misterius ini diduga ada karena bekas beberapa planet yang dahulu pernah ada.

Dilansir dari Space.com, penemuan Lucy ini nantinya akan masuk dalam masa penelitian untuk mengenal lebih mendalam mengenai gugusan asteroid misterius tersebut.

Demi penelitian ini, Lucy baru saja melewati tahap Critical Design Review atau CDR selama empat hari.

Penelitian ini dilakukan untuk menimbang segala aspek penting mengenai desain pesawat luar angkasa tersebut.

Lebih lanjut, para ilmuwan dibuat excited untuk segera dapat meneliti gugusan astroid misterius yang berada di dekat Jupiter ini.

Penampakan Planet Jupiter. (NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin M. Gill)

 

Setidaknya, hingga pesawat luar angkasa ini jadi, NASA mengeluarkan baya hingga 450 juta dolar AS atau setara dengan Rp 6,3 triliun.

Nantinya, saat Lucy sudah siap untuk meneliti asteroid misterius tersebut, NASA akan segera meluncurkan pesawat ini pada 2021 mendatang dengan estimasi waktu tiba di asteroid pertama pada tahun 2025.

Mengenai hasil penelitian gugusan asteroid misterius ini masih menjadi misteri. Jadi, mari nantikan bersama hingga Lucy siap meluncur dan hasilnya diumumkan.

BACA SELANJUTNYA

NASA Tak Sadar Temukan Fosfin di Venus 42 Tahun Lalu