Sabtu, 19 Oktober 2019

Andromeda Disebut Galaksi Kanibal, Bisa Melahap Bimasakti?

Disebutkan bahwa aksi kanibal ini umum, dan kelak akan menimpa galaksi Bimasakti milik Bumi!

Agung Pratnyawan
cover_caption
Galaksi Andromeda. (Wikipedia commons/ Sylvain Billot)

Hitekno.com - Galaksi tetangga kita, galaksi Andromeda disebut-sebut sebagai galaksi kanibal. Bahkan diprediksi bisa melahap galaksi Bimasakti tempat kita tinggal.

Sekelompok astronom berhasil mengungkapkan bahwa Andromeda, galaksi spiral raksasa yang menjadi tetangga Bimasakti selama ini adalah galaksi kanibal.

Galaksi Andromeda aktif melahap galaksi-galaksi kecil di sekitar untuk membuatnya menjadi lebih besar.

Meski begitu, disebutkan bahwa galaksi kanibal adalah peristiwa yang umum terjadi di alam semesta. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Dougal Mackey dari Universitas Nasional Australia dan Profesor Geraint Lewis dari Universitas Sydney.

Keduanya melaporkan hasil analisa yang telah dikerjakan selama hampir satu dekade terakhir mengenai jalur aliran bintang dalam wilayah halo Andromeda, sebuah wilayah di mana banyak bintang-bintang yang mengelilingi galaksi.

Dilansir dari IFL Science, Dougal Mackey dan Geraint Lewis rupanya mengidentifikasi adanya dua jalur aliran bintang yang terpisah sejak miliaran tahun lalu. Bintang-bintang dalam dua aliran ini juga teramati bertemu di sudut tertentu.

"Kami seperti seorang arkeolog kosmis yang sedang menggali fosil-fosil bagaimana galaksi terbentuk," ucap Geraint Lewis.

Ilustrasi Andromeda. [Shutterstock]
Ilustrasi Andromeda. [Shutterstock]

 

Dougal Mackey menambahkan bahwa dua aliran bintang ini berasal dari galaksi-galaksi kecil yang dilahap Andromeda.

Galaksi-galaksi kecil itu berakhir dengan jarak yang terlalu dekat dengan Andromeda sehingga tarikan gravitasinya yang kuat menyedot galaksi-galaksi kecil tadi.

Menurut pengamatan melalui satelit Gaia milik ESA (European Space Agency), Andromeda diprediksi juga akan menelan Bimasakti pada 4,5 miliar tahun mendatang.

Namun menurut para astronom, proses Andromeda saat melahap galaksi Bimasakti akan sangat berbeda.

Galaksi yang Andromeda lahap selama ini diperkirakan memiliki massa hanya sepersepuluh dari massa total Andromeda, sementara Bimasakti memiliki massa setengah dari massa Andromeda.

Oleh karena itu, ketika Andromeda dan Bimasakti bertemu, peristiwa tabrakan ini akan menghancurkan struktur spiral masing-masing galaksi dan akan menciptakan galaksi elips.

Penemuan ini menunjukkan bahwa galaksi-galaksi yang telah lama hilang juga pernah terletak di bidang alam semesta yang sama sebelum dilahap oleh galaksi Andromeda. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini