Jum'at, 20 September 2019

Tupai Merespon Bahaya dengan Mendengar Kicauan Burung, Kok Bisa Sih?

Tupai ternyata sangat mendegarkan frekuensi dari kicauan burung untuk bertahan hidup.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cover_caption
Ilustrasi tupai. (Pixabay/ Alastair Newton)

Hitekno.com - Tupai adalah hewan yang dikenal sering bertengger di ranting pohon untuk mencari makanan. Ternyata, ilmuwan menemukan bahwa di atas pohon, tupai juga memerhatikan kicauan burung untuk merespon bahaya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal PLOS One pada Agustus 2019, ilmuwan menemukan bahwa otak tupai bisa merespon frekuensi suara yang dihasilkan beberapa spesies burung.

Peneliti mempelajari perilaku 54 tupai abu-abu liar timur (Sciurus carolinensis) yang berlokasi di taman atau daerah perumahan Ohio, Amerika Serikat.

Para ilmuwan mensimulasikan ancaman terhadap hewan-hewan ini dengan memutar rekaman suara 1 hingga 3 detik milik seekor elang ekor merah (Buteo jamaicensis).

Elang ekor merah merupakan burung pemangsa yang sering berburu tupai dan burung kecil.

Ilustrasi tupai bertengger di pohon. (Pixabay/  )
Ilustrasi tupai bertengger di pohon. (Pixabay/ )

 

"Ancaman" tersebut kemudian diikuti oleh 30 detik keheningan sebelum rekaman kedua dimainkan.

Peneliti juga memiliki rekaman lain yang memperdengarkan kicauan burung kecil yang merespon predator dan suara lain yang memperdengarkan kicauan panggilan burung.

Ketika mendengar suara elang ekor merah, semua tupai menunjukkan perilaku kewaspadaan tinggi terhadap predator.

Dikutip dari IFLScience, semua tupai terlihat berdiri, membeku, melihat ke atas, melarikan diri, serta memperlihatkan perilaku panik lainnya.

Ilustrasi elang ekor merah. (Wikipedia/ Mark Bohn)
Ilustrasi elang ekor merah. (Wikipedia/ Mark Bohn)

 

Ketika mendengar kicauan burung (non-predator), tupai-tupai langsung kembali ke tingkat kewaspadaan yang normal.

"Kami tahu bahwa tupai menguping pada panggilan alarm dari beberapa spesies burung, tetapi kami senang menemukan bahwa mereka juga menguping pada suara non-alarm yang menunjukkan burung merasa relatif aman. Mungkin dalam beberapa keadaan, isyarat keselamatan bisa sama pentingnya dengan isyarat bahaya," kata salah satu peneliti bernama Keith Tarvin.

Penelitian ini sangat menarik karena hewan seperti tupai ternyata mengamati kicauan burung kecil sebagai alarm alami serta suara pekikan predator untuk bertahan hidup.

Terkait

Terkini